Tako, Tiktok Chatbot AI yang Tengah Dikembangkan untuk Penemuan Konten Relevan

Tako, Tiktok Chatbot AI yang Tengah Dikembangkan untuk Penemuan Konten Relevan

Picture by Solen Feyissa on Unsplash--

SLAWI, radartegal.disway.id - Artificial Intelligence atau AI sedang populer, bahkan hampir seluruh perusahaan tidak ingin ketinggalan untuk membuat kecerdasan buatan bagi platform mereka. Tidak luput, salah satu platform upload video seperti Tiktok juga tidak ingin ketinggalan.

Dilansir dari Engadget, Tiktok segera memiliki cara baru bagi para penggunanya untuk menemukan konten yang mereka cari secara relevan. Perusahaan ini tengah berada di tahap awal pengujian chatbot bertenaga AI yang dinamakan Tako.

Tako sendiri diatur agar dapat merekomendasikan video dan menanggapi pertanyaan mengenai apa yang ingin ditonton oleh penggunanya. 

Bot besutan Tiktok ini pertama kali dilaporkan oleh TechCrunch dan saat ini tengah diuji di Filipina. Tiktok mengungkapkan dalam sebuah pernyataan “Tako didukung oleh pihak ketiga dalam bentuk chat asisten dan didesain untuk membantu mempermudah menemukan konten yang menghibur dan menginspirasi di Tiktok” jelas perusahaan tersebut.

Meskipun masih dalam tahap awal pengujian, tampaknya Tiktok menampilkan Tako cukup menonjol dalam aplikasinya. Pintasan ke asisten berada di menu kanan utama, lalu di samping pintasan untuk bookmark dan suka. Hal ini diungkapkan oleh TechCrunch yang sudah mendapatkan bocoran fitur tersebut.

Fitur ini sama dengan fitur chatbot yang diluncurkan oleh Snapchat, My AI di aplikasinya yang menggeser ke bagian atas obrolan pengguna untuk menampilkan chatbot. 

Namun, tidak seperti My AI, tampaknya Tiktok memposisikan Tako sebagai cara untuk menemukan konten terbaru yang mempelajari lebih lanjut mengenai apa yang sedang dibahas dalam klip. 

Para pengguna akan mendapatkan pesan “Jangan ragu untuk bertanya kepada saya dan saya akan melakukan yang terbaik untuk membantu Anda menemukan apa yang sedang Anda cari” kata bot Tako dalam tangkapan layar interface yang ditampilkan.

Sebenarnya, Tako bukan satu-satunya cara Tiktok untuk bereksperimen dengan AI. Perusahaan ini juga menguji AI yang dihasilkan avatar tetapi belum mengumumkan rencana perilisannya. Namun kini, belum jelas seberapa serius Tiktok tentang teknologi tersebut. 

Dalam pernyataannya, perusahaan tersebut mengatakan “Kami belum memiliki rencana saat ini mengenai chatbot AI di luar tes awal yang kami lakukan” ungkap Tako.*

Sumber: