Gadis 17 Tahun Hamil dengan Sifilis Viral di Tiktok, Faktanya Bikin Miris

Gadis 17 Tahun Hamil dengan Sifilis Viral di Tiktok, Faktanya Bikin Miris

dr Amira-Tangkapan Layar Tiktok @@dokteramiraobgyn -

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Penyakit menular seksual Sifilis hari ini tengah ramai diperbincangkan. Hal ini menyusul adanya kisah gadis 17 tahun yang hamil dengan sifilis.

Kisah ini diceritakan oleh dr Amira Sp.Og di akun Tiktok-nya @dokteramiraobgyn dan viral, Jumat, 26 Mei 2023. Bahkan, saking viralnya, kata kunci Sifilis masuk dalam pencarian tertinggi di Google. 

Dari akun tersebut, dr Amira menceritakan tentang salah satu pasien yang datang padanya dengan kondisi memprihatinkan. Dia memberi judul postingannya 'SIFILIS DALAM KEHAMILAN akibat Seks Bebas.'

Menurutnya, seorang gadis datang dengan kehamilan kedua. Ibu dari sang gadis menangis karena merasa tidak tahan dengan kelakuan putrinya.

Sang gadis hamil di luar nikah saat anak pertamanya baru berusia 11 bulan dan masih diasuh ibunya. Sementara pria yang menghamilinya kali ini berbeda dari hamil yang pertama.

Hal yang menyedihkan dalam kehamilan tersebut ternyata pasien sifilis reaktif atau hamil dengan sifilis. 

"Ini kasusnya tengah meningkat pesat di Indonesia," ujar @dokteramiraobgyn yang videonya viral di TikTok.

BACA JUGA:Biksu Thailand Jalan Kaki Sejak Maret, Ternyata Ini Rahasia Kekuatannya

Menurutnya, data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang dirilis pada tanggal 10 Mei 2023 menyatakan bahwa peningkatan signifikan sebanyak 70 persen sifilis dalam kehamilan di Indonesia.

Angka tersebut meningkat dari 12 ribu kasus pada tahun 2016 menjadi 21 ribu pada saat ini.

"Ini bahaya banget, karena sifilis itu bukan hanya berefek pada ibunya, ibunya bisa kerusakan otak ya saraf-saraf. Dan bayinya bisa keguguran, bisa lahir prematur, berat bayi lahir rendah, juga bisa adanya kelainan kongenital yang disebabkan oleh sifilis, bisa buta, bisa tuli," papar @dokteramiraobgyn.

Dengan kondisi tersebut, dia menyarankan anak-anak muda agar tidak melakukan seks bebas. Karena akibatnya sangat berbahaya bagi kesehatan dirinya dan anaknya juga jika hamil.

Lalu, apa sebenarnya penyebab sifilis? Mengutip dari berbagai sumber, penyebabnya adalah bakteri bernama Treponema pallidum. Hal ini biasanya menyebar melalui kontak luka dengan orang yang terinfeksi selama berhubungan seksual.

Bakteri memasuki tubuh melalui luka kecil atau lecet di kulit maupun selaput lendir. Penyakit ini bisa menular dari ibu ke bayinya selama kehamilan atau persalinan.

Sumber: