Munculnya Suku Togutil ke Pekerja Tambang di Halmahera Viral, Apa Penyebabnya?

Munculnya Suku Togutil ke Pekerja Tambang di Halmahera Viral, Apa Penyebabnya?

SUKU TOGUTIL - Banyak yang spekulasi tentang munculnya Suku Togutil ke pekerja tambang di Halmahera ini akibat susahnya mencari makan di hutan akibat aktifitas penambangan.-(Foto: Istimewa)-

radartegal.id - Baru-baru ini, sebuah video yang beredar di media sosial menarik perhatian publik. Munculnya Suku Togutil ke pekerja tambang di Halmahera. 

Video tersebut memperlihatkan tiga orang dari Suku Togutil mendatangi para pekerja proyek tambang di hutan Halmahera, Maluku Utara. 

Kedatangan mereka disambut baik oleh para pekerja, yang dengan ramah mengajak mereka masuk ke tenda dan memberikan makanan. Mengutip dari akun Instagram @kulturdomestik Senin, 27 Mei 2024 dari video TikTok/mancing041.

Peristiwa ini bukan hanya menarik perhatian karena kelangkaannya, tetapi juga membuka diskusi tentang kondisi kehidupan suku yang masih hidup secara tradisional dan nomaden di pedalaman Halmahera Timur.

BACA JUGA: 5 Suku di Sulawesi yang Melahirkan Wanita Cantik, Ada yang Sudah Jadi Artis Ternama

Kehidupan Suku Togutil 

Suku Togutil, atau sering disebut juga sebagai Suku Tobelo Dalam, dikenal sebagai kelompok etnis yang hidup nomaden di hutan-hutan Halmahera Timur. Mereka memiliki cara hidup yang sangat sederhana dan bergantung sepenuhnya pada hasil hutan. 

Kehidupan mereka ditandai dengan pengambilan hasil hutan yang hanya sesuai dengan kebutuhan, tanpa ada eksploitasi berlebihan. Makanan utama mereka biasanya berasal dari berburu, meramu, dan memancing, serta memanfaatkan tanaman obat yang tersedia di hutan.

Nilai-nilai tradisional sangat dijunjung tinggi oleh Suku Togutil. Mereka memiliki sistem kepercayaan dan adat istiadat yang kuat, yang diwariskan turun-temurun. 

Interaksi dengan dunia luar sangat jarang terjadi, menjadikan pertemuan dengan para pekerja tambang ini sebagai sesuatu yang luar biasa.

BACA JUGA: Wong Kalang, Salah Satu Suku di Jawa yang Konon Berekor Tapi Ahli Buat Candi dan Andalan Perang Majapahit.

Spekulasi di Balik Kedatangan Suku Togutil

Kemunculan Suku Togutil yang tiba-tiba mendatangi pekerja tambang ini menimbulkan berbagai spekulasi. Apakah mereka sedang menghadapi krisis pangan? Atau ada alasan lain yang memaksa mereka keluar dari habitat aslinya di hutan?

Sumber: