592 Jemaah Calon Haji Pemalang Siap Diberangkatkan, Catat Jadwal dan Waktu Pemberangkatannya

592 Jemaah Calon Haji Pemalang Siap Diberangkatkan, Catat Jadwal dan Waktu Pemberangkatannya

Pelepasan jemaah calon haji Kabupaten Pemalang tahun lalu di Pendopo Kabupaten Pemalang.-M Ridwan-

PEMALANG, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sebanyak 592 jemaah calon haji (calhaj) Kabupaten Pemalang siap diberangkatkan ke tanah suci. Jumlah tersebut merupakan perhitungan akhir setelah adanya penambahan kuota tambahan dari Pemerintah Arab Saudi.

Kepala Seksi Pelaksana Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pemalang Amin Wijayanti menyebut, jumlah tersebut sudah melalui proses.

Yaitu untuk nomor urut porsi dan lunas tunda ada 533 orang. Tambahan calon haji cadangan yang bisa melunasi (yang mau melunasi) dari jumlah 55 ada 46.

Kemudian cadangan kedua dapat rilis dari 21 orang yang mau melunasi 18 orang dan cadangan ketiga jumlah 31 orang yang mau melunasi 22 orang.

BACA JUGA:Bahas Pemberangkatan Haji, Komis D DPRD Undang Bagian Kesra dan Kemenag Pemalang

"Ketika kuota belum terpenuhi, akhirnya cadangan pertama yang tadi sudah melunasi sampai ke perekaman biovisa dan cadangan kedua yang sudah melunasi bisa diberangkatkan sekarang (tahun ini). Sehingga jumlah total calon haji ada 592," jelasnya kepada Radar Tegal, Kamis 25 Mei 2023.

Amin menyampaikan, di Kabupaten Pemalang ada mutasi keluar dan mutasi masuk. Mutasi keluar berjumlah 9 orang dan mutasi masuk ada 2 orang, serta pramanifest.

Sehingga jumlahnya 592 orang calon jamaah haji ditambah 5 Petugas Haji Daerah (PHD) sebanyak 5 orang.

"Calon jamaah haji Pemalang terbagi dalam 3 kelompok terbang (Kloter)," kata dia.

BACA JUGA:Lepas Jemaah Haji Kloter Pertama, Menag: Tidak Perlu Membawa Atribut-atribut Partai

Dia menjelaskan, kloter 37 bergabung dengan calon haji asal Kabupaten Tegal. Kloter 39 bergabung dengan calon haji asal Kabupaten Pekalongan. Adapun Kloter 38, merupakan kloter penuh dari calon haji asal Kabupaten Pemalang.

"Kloter ini jumlahnya 352 orang," terangnya. 

Menurutnya, ketiga kloter akan dilepas dan diberangkatkan dari Pendopo Kabupaten Pemalang pada Minggu 4 Juni 2023, menuju Asrama Haji Donohudan. 

Kloter 37 masuk ke pendopo kabupaten pukul 03.00 WIB dan keluar atau berangkat pukul 05.00 WIB. Transit di RM Salsabil pukul 06.00 dan pada pukul 09.00 WIB tiba di Donohudan. 

Sumber: