Plt Bupati Pemalang Deadline Pembersihan Sampah Kelar Dalam Waktu Seminggu Ini

Plt Bupati Pemalang Deadline Pembersihan Sampah Kelar Dalam Waktu Seminggu Ini

Plt Bupati Pemalang meninjau pengangkutan sampah dari TPS Kelurahan Bojongbata yang akan diangkut ke TPA Pesalakan.-M Ridwan-

PEMALANG, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sampah yang menggunung di tempat pembuangan akhir (TPA) Dukuh Pesalakan Desa Pegongsoran Kecamatan/Kabupaten Pemalang terus dilakukan pembersihan dan dibuka akses jalannya. 

Hal itu untuk memenuhi tuntutan warga sekitar TPA agar ada akses jalan, termasuk mmengurangi bau menyengat sampah yang sudah overload.

Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat menyatakan, target pembersihan bisa seminggu, namun mungkin perlu penambahan alat excavator. Khususnya yang di kota untuk mempercepat pengangkutan sampah ke truk dump.

"Kalau penambahan (excavator) untuk dalam kota kalau bisa yang rodanya ban sehingga tidak merusak aspal jalan," jelasnya saat meninjau pengangkutan sampah di TPS Jalan Anggur Kelurahan Bojongbata Kecamatan Pemalang.

BACA JUGA:TEGAS! Plt Bupati Pemalang Minta Kepala OPD Mundur Jika Tak Mampu Menangani Masalah Sampah

Mansur menyampaikan, untuk pembersihan di TPA Pesalakan, saat ini sudah dikerahkan 3 unit excavator dan 3 unit bulldozer. Reacana penambahan 1 sampai 2 lagi, kalau dirasa masih kurang. 

Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang sudah berupaya bagaiaman agar penataan sampah disana segera bisa tertasi.

"Kita sudah membuat jalan ke lokasi yang masih memungkinkan untuk membuang sampah di bagian belakang dan sudah dibuat akses jalan ke lokasi," kata Mansur.

Menurutnya, begitu tumpukan sampah dibuka untuk akses jalan, sampah yang awalnya belum bisa dibuang ke TPA Pesalakan, mulai hari ini sudah bisa.

BACA JUGA:Warga Keluhkan Tumpukan Sampah di Pinggir dan Sudut Kota Pemalang

Dengan beberapa catatan yang harus dilakukan, diantaranya dilakukan peyemprotan untuk menghilangkan bau, dibuka posko kesehatan serta penguatan signal.

"Hari ini sudah action dan dalam waktu satu minggu sudah ada penguatan signal," terangnya.

Plt Bupati menambahkan, beberapa hari lalu, ada warga yang merelakan lahannya untuk menampung atau tempat pembuangan sampah. 

Oleh karenanya pihaknya mengucapkan terima kasih, dan masalah sampah sesungguhnya menjadi tanggung jawab semuanya. 

Sumber: