Jadi Satu-satunya Kades di Tegal yang Maju Caleg Provinsi Jateng, Pria Ini Ngaku Anak Gunung

Jadi Satu-satunya Kades di Tegal yang Maju Caleg Provinsi Jateng, Pria Ini Ngaku Anak Gunung

Alex Subekti-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID – Sekitar 8 orang kepala desa (kades) di Kabupaten Tegal mencalonkan diri sebagai anggota DPRD. Dari 8 kades tersebut, 1 orang di antaranya maju sebagai bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Provinsi Jawa Tengah.

Adalah, H. Alex Subekti SH MM, kepala Desa Muncanglarang Kecamatan Bumijawa. Kades yang telah menjabat tiga periode itu, melaju ke provinsi melalui Partai Gerindra di Dapil 12 meliputi Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes. 

“Banyak caleg yang dari Dapil 12 berasal dari luar daerah. Mereka berani mencalonkan diri di sini (Kabupaten Tegal-red), kenapa saya tidak berani sebagai orang asli Tegal,” kata Alex usai pertemuan konsolidasi dengan tim pemenangannya di Rumah Makan Edna Slawi, Rabu, 24 Mei 2023. 

Pria yang berdomisili di lereng Gunung Slamet itu menuturkan, pengabdiannya terhadap masyarakat sebagai kades Muncanglarang sudah dijalaninya selama tiga periode. Di periode terakhir ini, dirinya akan purna tugas pada Oktober 2023.

Namun, jiwa mengabdi kepada masyarakat tidak pernah berakhir. Karena itu, Alex memberanikan diri untuk maju sebagai Caleg Provinsi Jawa Tengah.

“Awalnya akan maju DPR RI, namun karena potensinya kecil beralih ke DPRD Jateng. Tapi, tadinya saya juga berencana di DPRD Kabupaten Tegal,” ujar Alex.

Pencalonannya itu, Alex mengaku bukan semata-mata untuk mengejar duniawi. Namun dia menghendaki supaya lebih bermanfaat bagi masyarakat luas. Utamanya di wilayah Dapil 12.

BACA JUGA:Soal Pertanian, DPRD Pati Belajar di Kabupaten Tegal

Karakter anak gunung yang hobi berkegiatan sosial ini, juga akan dibawanya saat terpilih menjadi anggota DPRD. 

“Saya akan fokus di Kabupaten Tegal, tapi juga ada jaringan di Brebes dan Kota Tegal. Sebagian mengambil jaringan kades untuk wilayah Kabupaten Tegal, dan daerah lainnya menggunakan relawan,” sambungnya.

Selain mengandalkan jaringan, kata Alex, juga akan memanfaatkan media sosial sebagai ajang untuk mengenalkan diri. Hal itu memang harus dilakukan mengingat hampir semua masyarakat menggunakan media sosial.

Namun, dirinya mengaku sudah menggunakan media sosial sejak menjadi kades. Utamanya, untuk mempublikasi kegiatan sosial yang selama ini digelutinya. 

“Kami hanya ingin tumbuh bersama. Jika ada kegiatan saat menjadi anggota DPRD, maka harus bisa bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya. ***

Sumber: