Atraksi Barongsai Sambut Kedatangan 35 Biksu Thailand di Klentheng Tek Hay Kiong Tegal

Atraksi Barongsai Sambut Kedatangan 35 Biksu Thailand di Klentheng Tek Hay Kiong Tegal

BIKSU THAILAND- Rombongan biksu Thailand yang menjalani ritual thudong tiba di Klentheng Tek Hay Kiong Tegal.-TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Atraksi barongsai, Selasa, 23 Mei 2023 sore sekitar pukul 16.30 WIB menyambut kedatangan para biksu. Sebanyak 35 biksu Thailand yang menjalankan ritual thudong atau berjalan kaki sudah tiba di Klentheng Tek Hay Kiong Kota Tegal.

Setelah tiba di sana, mereka langsung menuju tempat beristirahat. Sebelum sampai di Klentheng, para biksu Thailand itu sempat beristirahat di Kantor MWC NU Margadana. 

Selama perjalanan, mereka mendapatkan pengawalan dari TNI-Polri. Selain itu, juga turut mengawal anggota Banser dan Petanesia. Rencananya, para biksu akan kembali melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Tegal pada Rabu, 24 Mei 2023 besok.

Kedatangan para biksu yang hendak menuju ke Candi Borobudur untuk mengikuti rangkaian Hari Waisak itu pun disambut warga yang sudah menunggu sejak siang. 

BACA JUGA:Disambut Banser, 32 Biksu Thailand yang Jalani Prosesi Thudong Tiba di Jawa Tengah

Pengurus Yayasan Tri Dharma Kota Tegal Gunawan mengatakan kedatangan para biksu thudong itu merupakan kebanggaan tersendiri bagi pihaknya. Sebab, mereka berkesempatan datang dalam perjalanan menuju ke Borobudur.

“Kedatangan para biksu ini merupakan berkah bagi kami di sini. Karenanya, ini merupakan kebanggaan bagi kami,”katanya.

Menurut Gunawan, pihaknya sudah menyiapkan tempat untuk beristirahat kepada para biksu. Sebelum mereka melanjutkan perjalanan ke daerah selanjutnya.

“Kita sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut para biksu tersebut,” tandasnya.

Gunawan menambahkan, selama di Kota Tegal, mereka akan melakukan Sangga Puja dan Sangga Dana. Yakni, ritual berdoa dan memberikan jubah, perlengkapan obat-obatan dan peralatan mandi kepada para biksu.

“Malam ini kami akan menggelar Sangga Puja dan Sangga Dana," pungkasnya.

Sebelum sampai di Kota Tegal, rombongan biksu yang melakukan proses thudong atau ritual berjalan kaki dari Thailand tiba di Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Senin 22 Mei 2023. Rombongan tiba di Brebes sekitar pukul 17.06 WIB.

BACA JUGA:32 Biksu Thailand Bakal Sampai di Tegal, Warga Siapkan Pentas Seni dan Hadroh

Sejumlah anggota kepolisian dari Polres Brebes sudah melakukan penjagaan di perbatasan Jateng dan Jawa Barat (Jabar). Tepatnya, di Sungai Cisanggarung.

Sumber: