Penanganan Sampah di TPA Pesalakan Pemalang Dinilai Belum Sesuai Harapan Masyarakat

Penanganan Sampah di TPA Pesalakan Pemalang Dinilai Belum Sesuai Harapan Masyarakat

Ketua Umum DPW Kawali Jawa Tengah Andi Rustono bersama Dinas Lingkungan Hidup saat konferensi pers terkait penanganan sampah TPA Pesalakan.-Agus Pratikno-

BACA JUGA:Amankan Ibadah Misa di 38 Gereja, Polres Pemalang Kerahkan Ratusan Personel

Selain itu, sampah yang mengarah ke pemukiman agar dijauhkan dengan  cara ditarik ke sisi utara. 

"Termasuk jalan ke arah timur dan utara agar disterilkan dari tumpukan sampah. Drainase juga agar disterilkan dari tumpukan sampah dibagian utara yang masih ada ruang.  Sedangkan untuk area pembuangan sampah agar fokus dan wajib dilakukan penyemprotan lalat dan nyamuk setiap 3 minggu sekali baik  di lingkungan TPA dan lingkungan masyarakat," jelasnya.

Di sisi lain Andi Rustono juga menegaskan agar DLH wajib melakukan treatment biologis untuk mempercepat pembusukan dan penguraian sampah serta mengurangi bau yang tidak sedap. 

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Supriyanto, dalam keterangannya menjelaskan bahwa upaya penanganan sampah di TPA Pesalakan sudah dilakukan. 

BACA JUGA:KEREEN! 29 Polwan Cantik di Pemalang Jadi Polisi RW, Ini Tugas yang Diemban

Pada tanggal 13 Mei sebanyak dua alat berat sudah diturunkan. Sehingga sudah bisa membuka akses jalan untuk bisa dilalui kendaraan muatan sampah ke dalam. 

Upaya itu masih terus dilakukan, namun pada hari ini Jumat 19 Mei libur. Sehingga baru akan dimulai lagi ke esokan harinya. 

"Untuk mengatasi tumpukan sampah, juga akan dilakukan secara komprehensif. Sehingga sampah yang menutupi jalan untuk bisa dialihkan di lokasi yang masih tersedia," tandasnya. *

Sumber: