Hari Jadi ke-422, Bupati Tegal Umi Azizah Serahkan Tombak Kyai Plered

Hari Jadi ke-422, Bupati Tegal Umi Azizah Serahkan Tombak Kyai Plered

SERAHKAN - Bupati Tegal Umi Azizah menyerahkan pusaka tombak Kyai Plered kepada perwakilan keluarga Kalisoka.-HERMAS PURWADI/RADAR SLAWI-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID- Prosesi agung peringatan Hari Jadi ke-422 Kabupaten Tegal tepatnya pada 18 Mei 2023 (18 Mei 1601-18 Mei 2023) mulai berlangsung. Hal ini diawali dengan ziarah ke makam leluhur dan penyerahan tombak pusaka Kyai Plered bersama Pataka.

Bupati Tegal Umi Azizah menyerahkannya kepada perwakilan sesepuh keluarga Kalisoka Tarifudin, Selasa,16 Mei 2023. Untuk tahun ini, peringatan Hari Jadi mengusung tema "Melangkah Maju." Kegiatan tersebut merupakan acara pokok rangkaian HUT Kabupaten Tegal selain acara tambahan. 

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Tegal Dadang Darusman menjelaskan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya saat memperingati hari jadi, rangkaian acara terbagi menjadi dua yaitu acara pokok dan acara tambahan.

"Untuk acara pokok, diawali kegiatan ziarah ke makam Ki Gede Sebayu, Amangkurat, Hanggawana dan Pangeran Purbaya yang sudah dilaksanakan pada Kamis, 11 Mei 2023. Hari ini dilanjutkan dengan prosesi kedua pengambilan Pataka dan tombak Kyai Plered dari pemda menuju Kalisoka, kemudian dilaksanakan upacara jamasan  yang akan dilaksanakan di Ponpes Purbaya nanti malam," ujarnya.

BACA JUGA: Siap-siap! Rekrutmen Calon Kepala Sekolah untuk SD dan SMP Kembali Dibuka

Setelah itu, kegiatan berlanjut dengan kirab pusaka tombak Kyai Plered dan Pataka dari Kalisoka menuju Rumah Dinas Bupati. Nantinya ada dua bagian, yaitu pertama Pataka dan pusaka tombak Kyai Plered dikirab menuju Kalisoka menuju GBN.

"Kemudian dari GBN kirab dilanjutkan menuju Rumah Dinas Bupati Tegal diiringi pawai gunungan hasil bumi ataupun lainnya," cetusnya.

Setelah disemayamkan semalam di Rumah Dinas Bupati Tegal, di tanggal 18 Mei 2023, pusaka tombak Kyai Plered bersama Pataka akan dikirab dari rumah Dinas Bupati menuju Gedung DPRD Kabupaten Tegal.

BACA JUGA: Kasus Bus Kecelakaan di Guci, Rian Mahendra Merasa Janggal: Handrem Itu kan Berat

"Seluruh  organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Tegal rencananya mengiringi menggunakan dokar.Untuk semakin memeriahkan, kami juga menyelenggarakan event bernama Pesta Rakyat Slawi Ageng yang rencananya berlokasi di Lapangan Pemkab Tegal dan Alun-alun Hanggawana Slawi, dimulai tanggal 24-28 Mei 2023. Nantinya saat pembukaan, dibarengi kegiatan makan gratis seperti yang pernah terselenggara beberapa waktu lalu di Rumah Dinas Bupati," ungkapnya. ***

Sumber: