Tiga Partai Politik Resmi Mendaftarkan Bacaleg di KPU Pemalang

Tiga Partai Politik Resmi Mendaftarkan Bacaleg di KPU Pemalang

Kesenian Tarian Banteng Abang meriahkan prosesi pendaftaran bakal caleg dari PDIP Kabupaten Pemalang.-Agus Pratikno-

PEMALANG, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Tahapan Pemilu tahun 2024 saat ini memasuki pendaftaran bakal calon legislatif atau Bacaleg anggota DPRD. 

Sejumlah partai politik peserta Pemilu di Pemalang, satu persatu sudah mendaftarkan bakal calegnya ke KPU. Seperti yang baru saja dilakukan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Kamis 11 Mei 2023.

Untuk memeriahkan prosesi pendaftaran, banyak ragam yang dilakukan oleh masing-masing partai politik. Partai PKS yang sebelumnya lebih awal melakukan pendaftaran, dimeriahkan dengan pawai budaya. 

Partai Nasdem dengan arak-arakan becak, para bakal caleg untuk menaiki becak guna menuju kantor KPU.

BACA JUGA:Targetkan 18 Kursi, PDI Perjuangan Kabupaten Tegal Beberkan Strategi

PDIP pun tidak kalah menarik, bahkan lebih meriah saat melakukan prosesi pendaftaran di KPU. Partai berlambang Banteng Moncong Putih ini, mengerahkan massanya. 

Dimulai berkumpul di Kantor DPC PDIP Jalan Jenderal Sudirman Timur, kemudian berjalan menuju halaman Stadion Muhtar. 

Setelah itu, dengan diiringi Tarian Banteng Abang dan kesenian Calung berjalan menuju Kantor KPU di Jalan Ahmad Yani. Hadir dalam acara itu, Ketua DPC PDIP H Junaedi, Sekretaris DPC HM Agus Sukoco dan sejumlah jajaran pengurus partai. Termasuk 50 bakal caleg juga ikut hadir untuk mengiringinya.

Setibanya di Kantor KPU rombongan dari PDIP langsung disambut baik oleh Ketua KPU Mustaghfirin bersama anggota komisioner lainnya. Termasuk Bawaslu dan sekretariat KPU.  

BACA JUGA:TMMD Sengkuyung Tahap I di Pemalang Garap Peningkatan Jalan Sepanjang 560 Meter

Ketua DPC PDIP H Junaedi menyampaikan bahwa hari ini telah menyerahkan 50 bakal caleg. Adapun sesuai ketentuan, keterwakilan perempuan 30 persen, telah terpenuhi bahkan kurang lebih ada 44,5 persen. 

Pihaknya sangat bersyukur, karena berkas dan dokumen yang diserahkan di KPU secara resmi telah diterima dan dinyatakan lengkap.

Ketua KPU Mustaghfirin menjelaskan berkas pendaftaran bakal caleg dari PDIP sudah diterima dan setelah dilakukan pemeriksaan  dinyatakan diterima dan lengkap. 

Sebelumnya PKS dan Nasdem juga secara resmi telah melakukan pendaftaran dan berkas atau dokumen yang diserahkan , juga dinyatakan diterima dan semuanya lengkap. 

Sumber: