Calon Haji Brebes Terbagi 4 Kloter, Berikut Jadwal Peberangkatannya

Calon Haji Brebes Terbagi 4 Kloter, Berikut Jadwal Peberangkatannya

Ratusan calhaj Brebes antusias mengikuti latihan manasik haji sebagai syarat sebelum berangkat ke tanah suci.-Syamsul Falaq-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sebanyak 806 calon jamaah haji atau calhaj Kabupaten Brebes, akan diberangkatkan ke tanah suci. Semua calhaj tersebut terbagi menjadi empat kloter tahun 2023. 

Yakni, kloter 32, 33, 34 dan 35. Rencananya, kloter 32 calhaj asal Brebes yang tergabung dengan Kabupaten Kebumen diberangkatkan awal Juni mendatang. 

Sedangkan, sisanya akan diberangkatkan ke embarkasi sesuai jadwal.

Kepala Kantor Kemenag Brebes melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Julaecha menjelaskan, dari total 806 calhaj yang diberangkatkan ke tanah suci, Sebanyak 70 persen masuk kategori lanjut usia yakni 65 tahun ke atas. 

BACA JUGA:Minimarket Karangsawah Brebes Dibobol Maling, Puluhan Slop Rokok Lenyap

Sehingga, butuh pendampingan dan pemeriksaan kesehatan ekstra dari Tim Pendamping Kesehatan Haji.

"Dari 806 calhaj asal Kabupaten Brebes, terbagi menjadi 4 kloter meliputi 74 calhaj Brebes tergabung dalam kloter 32 bersama Kabupaten Kebumen," terangnya.

Sebanyak 352 calhaj sisanya, lanjut Julaecha, tergabung pada kloter 33. Kemudian, 352 calhaj masuk kloter 34 dan 28 calhaj sisanya tergabung kloter 35 bersama Kota dan Kabupaten Tegal. 

Harapannya, semua calhaj melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Tujuannya, memastikan kelaikan dan kondisi kesehatan calhaj sebagai syarat ibadah haji. 

BACA JUGA:800 Calhaj di Brebes Jalani Pemeriksaan Kesehatan, Hipertensi Jadi Poin Kewaspadaan

"Semua vaksinasi, harus dipenuhi calhaj agar bisa beribadah lebih khusyu dan nyaman," ujarnya.

Julaecha menuturkan, sinergitas dan kolaborasi dengan TPKH dari Dinkes harapannya bekerja maksimal. Fokusnya, memberikan pelayanan terbaik karena sangat diperlukan pemeriksaan intens terhadap kesehatan bagi jamaah tersebut. 

Khususnya, semua calhaj lansia butuh pendampingan lebih selama menjalankan ibadah di tanah suci.

BACA JUGA:Banyak yang Nganggur, Pria di Brebes Dibekali Kompetensi Menjahit

Sumber: