Hari Ketiga Pencarian Nelayan Hilang di Laut Wonokerto Pekalongan Belum Membuahkan Hasil

Hari Ketiga Pencarian Nelayan Hilang di Laut Wonokerto Pekalongan Belum Membuahkan Hasil

Tim SAR gabungan melakukan operasi SAR untuk mencari nelayan yang dilaporkan hilang di Laut Wonokerto Pekalongan.-Hadi Waluyo-

WONOKERTO, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Hingga hari ketiga operasi pencarian nelayan asal Desa Semut, Kecamatan Wonokerto, Pekalongan yang hilang di laut belum membuahkan hasil.

Padahal radius operasi pencarian nelayan yang hilang di Laut Wonokerto oleh tim SAR gabungan itu sudah diperluas.

Nelayan yang hilang di Laut Wonokerto tersebut bernama Udin Andoko (57), warga Desa Semut RT 14 RW 6 Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan.

Humas PMI Kabupaten Pekalongan, Sani mengatakan, pada tanggal 26 April 2023, tim SAR gabungan melanjutkan operasi SAR hari kedua dengan menggunakan perahu karet ke arah barat, timur, dan utara sejauh sekitar 4 Km. 

BACA JUGA:Usai Meroket, Harga Cabai Merah di Pemalang Anjlok, Petani 'Menangis'

Pada hari pertama operasi pencarian, radius pencarian baru sekitar 2 Km ke arah barat dan timur.

"Di hari kedua pencarian, hasilnya juga masih nihil. Rencana operasi SAR akan dilanjutkan besok dengan radius pencarian yang diperluas lagi. Rencananya, tim SAR gabungan akan dibagi menjadi 3 regu dan melakukan operasi menggunakan perahu karet sejauh sekitar 20 Km ke arah barat, timur dan utara," terang Sani.

Anggota SAR Bumi Santri, Nidhom mengatakan, berdasarkan keterangan dari pihak keluarga, korban berangkat melaut untuk mencari ikan pada Senin 24 April 2023, sekitar pukul 04.30 WIB. 

Korban menggunakan perahu Kapal Motor (KM) Pandum Rejeki. Namun, sekitar pukul 12.00 WIB, korban belum juga pulang atau kembali ke rumahnya.

BACA JUGA:Jala Ikan di Kali Comal, Warga Pegiringan Pemalang Ditemukan Meninggal Dunia

"Sehingga keluarga melaporkan kejadian ini ke pos TNI Al Wonokerto. Diduga kapal korban diterjang ombak dan korban tidak bisa menyelamatkan diri akhirnya hilang tenggelam," ujarnya.

Dalam operasi SAR hari ketiga kemarin, tim dibagi menjadi 3 regu. Yaitu tim 1 melaksanakan penyisiran menggunakan perahu karet sejauh 7 Km ke arah barat. 

Tim 2 melaksanakan penyisiran menggunakan perahu karet sejauh 5 Km ke arah utara, dan tim 3 menyisir menggunakan perahu karet sejauh sekitar 5 Km ke arah timur.

Disebutkan, ciri-ciri kapal Pandum Rejeki berwarna Hijau, panjang kurang lebih 6 meter lebar 1,5 meter. 

Sumber: radar pekalongan