2 Rumah Warga Desa Sumbaga Tegal Ludes Terbakar, 4 Sepeda Motor Gosong

2 Rumah Warga Desa Sumbaga Tegal Ludes Terbakar, 4 Sepeda Motor Gosong

Petugas PMI Kabupaten Tegal melakukan asesment dua rumah terbakar di Desa Sumbaga Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal.-Yeri Noveli-

BUMIJAWA, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Dua rumah warga di RT 01 RW 06 Desa Sumbaga Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal ludes terbakar, Kamis malam 13 April 2023. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Berdasarkan informasi dari tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, penyebab kebakaran dua rumah itu karena korsleting listrik. Kedua rumah tersebut milik Darso (43) dan Fakhrudin (52).

"Semula warga melihat api sudah membesar di rumah Bapak Darso di bagian belakang," kata Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo melalui Kepala Markas PMI Sunarto.

Saat melihat kobaran itu, warga bergegas meminta bantuan kepada warga lainnya yang sedang salat tarawih di musala yang jaraknya sekitar 100 meter dari lokasi.

BACA JUGA:Bupati Tegal: Dakwah Islam di Era Digital Telah Mengalami Transformasi

Warga langsung memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, api tak kunjung padam. Sehingga warga menghubungi pemerintah desa dan petugas Damkar Kabupaten Tegal.

"Tidak ada korban jiwa. Namun dua rumah itu ludes terbakar. Termasuk barang berharganya dan 4 unit sepeda motor. Penghuni rumah sebanyak 14 jiwa terpaksa mengungsi," kata Sunarto.

Sementara informasi dari Kabid Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Tegal, Kusnadi, penyebab kebakaran itu lantaran kelalaian warga saat menggunakan tungku dapur. Kerugian kedua korban saat ini masih dalam pendataan.

Berdasarkan informasi dari masyarakat, lanjut Kusnadi, api berkobar di dapur rumah Darso pada pukul 19.15. Saat itu, warga langsung melaporkan ke petugas Damkar. 

BACA JUGA:Ada Layanan Nikah Gratis di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Tegal, Mau Coba?

"Kami langsung datang ke lokasi sekitar jam 19.45. Dan api berhasil kami padamkan sekitar jam 23.00," kata Kusnadi.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa maupun luka. Dan saat ini, kerugian materi masih dalam penyelidikan," tandasnya. *

Sumber: