Ada Layanan Nikah Gratis di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Tegal, Mau Coba?

Ada Layanan Nikah Gratis di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Tegal, Mau Coba?

Sepasang mempelai saat menikah di MPP Satya Dahayu Kabupaten Tegal, tanpa biaya alias gratis, baru-baru ini.--

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Mal Pelayanan Publik (MPP) Satya Dahayu Kabupaten Tegal telah resmi beroperasi sejak 3 Maret 2023 lalu. Mal ini membuka 169 jenis layanan dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi mitra Pemerintah Kabupaten Tegal.

Dari ratusan jenis layanan tersebut ada satu yang cukup menarik. Yakni layanan atau melayani nikah gratis dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tegal Mohammad Sholeh membenarkan adanya intergrasi layanan nikah gratis di MPP Satya Dahayu.

Menurutnya, pembebasan biaya administrasi pernikahan itu dapat diberikan karena MPP ini termasuk fasilitas perkantoran di mana Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal juga membuka layanannya di sini.

BACA JUGA:Petani Pantura Kabupaten Tegal Kesulitan Pupuk, Bakhrun: Akan Dibahas di Rapat Komisi

“Bagi yang berminat melangsungkan pernikahan di sini monggo, kita layani, Semuanya gratis, kecuali dekorasi yang saat ini belum tersedia. Jadi ini kita serahkan ke mempelai, termasuk mungkin konsumsi untuk mempelai dan keluarganya,” kata Soleh.

Dia mengemukakan, pasangan perdana yang resmi menikah di MPP Kabupaten Tegal yakni Ary dan Merlyn pada Kamis 6 April 2023, lalu.

Kedua mempelai dibebaskan dari biaya administrasi pernikahan.

"Setelah menikah, mereka langsung membawa KTP dan kartu keluarga yang baru," ujarnya.

BACA JUGA:9 Bus Angkutan Lebaran 2023 di Kabupaten Tegal Tidak Laik Jalan

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tri Guntoro menyambut baik dibukanya layanan di MPP Satya Dahayu ini.

Sebelumnya, layanan administrasi kependudukan (adminduk) bagi mempelai yang menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) telah berjalan di seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Tegal.

“Integrasi layanan adminduk dengan pencatatan nikah sudah berjalan di semua KUA. Hari ini, kita berikan layanan nikah gratis di MPP yang tentunya akan berlaku seterusnya,” kata Tri Guntoro.

Sementara itu, Ary, mempelai pria mengaku senang bisa melangsungkan prosesi akad nikahnya di tempat ini.

Sumber: