Perawat di Brebes Diberi Tips Uji Kompetensi Jabatan Fungsional

Perawat di Brebes Diberi Tips Uji Kompetensi Jabatan Fungsional

Narasumber bersama jajaran direksi RSUD dan Pengurus PPNI Brebes kompak foto bersama peserta seminar.-Syamsul Falaq-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Ratusan perawat dan nonperawat RSUD dan Puskesmas Kabupaten Brebes, diberi tips sukses Uji Kompetensi Jabatan Fungsional. 

Hal itu, terungkap dalam seminar keperawatan bertajuk kiat sukses uji kompetensi jabatan fungsional dan implementasi Permenpan RB Nomor 1/ 2023'. 

Yakni, tentang Perubahan Angka Kredit Konvensional ke Angka Kredit Integrasi. Seminar tersebut, menghadirkan dua narasumber, bertempat pada Grand Dian Hotel Brebes, Sabtu 18 Maret 2023.

Terlaksananya seminar bagi perawat dan nonperawat itu, merupakan kolaborasi Dewan Pengurus Kabupaten Persatuan Perawat Nasional Indonesia Brebes dan RSUD Brebes. 

BACA JUGA:Bina Keluarga Balita Genjot Perluasan Penurunan Stunting di Brebes

Hal tersebut, dibenarkan Ketua Panitia Seminar Keperawatan sekaligus Kabid Keperawatan RSUD Brebes Mudiharso. Acara pembukaan, dihadiri Kepala Dinas Kesehatan diwakili Kabid P2P Imam Budi Santoso. Turut hadir, Direktur RSUD Brebes dr Rasipin, Ketua PPNI Edi Purwanto. Tampak mendampingi, pejabat struktural RSUD Brebes.

"Dua narasumber yang dihadirkan, yakni Riono, S.Kep,Ns dan Kandar, S.Kep,Ns,M.Kes dari Tim Penilai Angka Kredit Provinsi Jateng dan Tim Penguji Ukom Jabfung Provinsi Jateng," terangnya.

Total peserta seminar, lanjut Mudiharso, sebanyak 130 orang perawat dan nonperawat. Mereka, berasal dari Rumah Sakit dan Puskesmas di wilayah Brebes. 

Bahkan, ada dari luar daerah seperti Slawi, Pekalongan dan Cirebon. Materi yang disampaikan, tentang pembuatan SKP dan Jabatan Fungsi Perawat serta Pembuatan Angka Kredit dengan Aplikasi.

BACA JUGA:6.289 Petugas Pantarlih Brebes Mulai Coklit 1.508.339 Pemilih, Ini Jadwal Lengkapnya

"Termasuk, membahas Ujian Kompetensi Jabatan Fungsional dan Kiat Menghadapi Ujian Kompetensi Jabatan Fungsional dengan Mudah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPK PPNI Brebes Edi Purwanto menambahkan, seminar keperawatan berisi 2 SKP PPNI harapannya lebih meningkatkan kompetensi dan peningkatan profesional perawat. Sehingga, mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat secara jujur, adil dan merata.

"Kompetensi, berarti kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja mutlak diperlukan. Khususnya, melaksanakan tugas-tugas jabatannya," tandasnya. *

Sumber: