Mantap! Dharma Wanita Dinkes Ikut Keroyok Cegah Stunting di Kabupaten Tegal

Mantap! Dharma Wanita Dinkes Ikut Keroyok Cegah Stunting di Kabupaten Tegal

Ketua DWP Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Ny Dani Ruszaeni saat menyampaikan sambutan dalam acara pengukuhan Pengurus DWP Puskesmas, di Pendopo Kecamatan Pangkah.-Yeri Noveli-

PANGKAH, RADARTEGAL.COM – Penanganan stunting di Kabupaten Tegal tidak hanya dilakukan oleh Pemkab. Berbagai organisasi perempuan juga turut melakukan hal yang sama.

Salah satunya, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal. Organisasi perempuan ini juga ikut keroyokan menangani stunting atau gizi buruk. Mereka secara masif memberdayakan anggotanya dalam mensosialisasikan menu gizi seimbang. 

"Program kerja kami (DWP) yaitu sesuai bidang yang ada, dan diselaraskan dengan program kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, di mana salah satu fokusnya berperan dalam penurunan angka stunting dan percepatan vaksinasi booster covid-19," kata Ketua DWP Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Ny Dani Ruszaeni saat mengukuhkan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Puskesmas Jatinegara, Puskesmas Kedungbanteng, Puskesmas Pangkah dan Puskesmas Penusupan di Pendopo Kecamatan Pangkah. 

Dia menyatakan, DWP Dinkes bakal fokus dan berupaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Tegal. Termasuk juga akan mengimplementasikan semua program unit Dinkes yang di dalamnya meliputi unit Puskesmas. 

BACA JUGA:15 Rumah Warga Terendam Banjir, Pemdes Mejasem Barat Bagikan Alat Pembersih Rumah

"Upaya untuk menurunkan stunting, kami lakukan dengan cara memberdayakan anggota agar rutin menyosialisasikan menu gizi seimbang termasuk menerapkannya di keluarga anggota Dharma Wanita,” ujarnya. 

Selain itu, lanjut dia, Anggota DWP juga ikut menyukseskan kegiatan posyandu serta berperan dalam pemberian tablet tambah darah pada remaja putri.

Diharapkan, DWP Dinkes dapat meningkatkan kualitas sumberdaya anggotanya untuk mencapai kesejahteraan nasional, membina anggota, memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, serta meningkatkan kepedulian sosial.

“Selain upaya penurunan stunting juga upaya pencegahan kanker serviks dan kanker payudara melalui pemeriksaan gratis Inspeksi Visual Asetat (IVA),” ujar Ny Dani Ruszaeni. 

BACA JUGA:Cepat Tanggap, PMI Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Korban Banjir di Kabupaten Tegal

Dia mengemukakan, Dharma Wanita Dinkes juga  ikut mendukung program kerja pemerintah dalam bidang ekonomi melalui pengembangan potensi UMKM di lingkungan Pemkab Tegal. 

“Dengan adanya pengukuhan Pengurus Dharma Wanita unit Puskesmas masa bakti 2019-2024 ini diharapkan dapat membentuk organisasi wanita yang di dalamnya termasuk istri-istri pegawai dan karyawati pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal,” ucapnya. 

Anggota Dharma Wanita Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Suci Ulinuha menambahkan, para anggota akan berupaya menjalankan program kerja Dharma Wanita, terutama upaya menurunkan angka stunting.

BACA JUGA:14 Desa di Kabupaten Tegal Terendam Banjir, Ribuan Warga Mengungsi

Sumber: