DPRD Jawa Tengah Janji Kawal Pengentasan Kemiskinan di Pemalang

DPRD Jawa Tengah Janji Kawal Pengentasan Kemiskinan di Pemalang

Tiga Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah bahas kemiskinan di Pemalang.-Agus Pratikno-

PEMALANG, RADARTEGAL.COM - DPRD Jawa Tengah akan terus melakukan pengawalan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Pemalang. Pernyataan itu terungkap saat dialog interaktif di LPPL Radio Swara Widuri Pemalang. 

Dialog yang dipandu Rida Sukirtanti itu, menghadirkan narasumber Anggota Komisi A Irna Setiawati, Anggota Komisi B Pujo Widiono dan Anggota Komisi E Ahmad Ridwan. 

Anggota Komisi A Irna Setiawati mengungkapkan pandangannya terkait upaya pengentasan kemiskinan, khususnya di Kabupaten Pemalang.

Menurutnya upaya pengentasan kemiskinan itu butuh peran generasi muda. Sehingga pentingnya pemerintah terus menggandeng  generasi muda untuk memprioritaskan pendidikannya. 

BACA JUGA:Gubernur Ajak Pengusaha Muda Jateng Berkolaborasi Tangkap Peluang Kebijakan Pemerintah

"Melalui pendidikan itu, akan terlahir sumber daya manusia yang berkualitas. Sehingga akan tercipta kehidupan yang lebih baik," katanya. 

Edukasi untuk anak-anak itu, Irna menilai sangat penting, apalagi edukasi dari keluarganya. Tujuannya agar anak ini nanti, tidak salah dalam pergaulan dan tetap terarah. 

Masih menurut Irna, pengentasan kemiskinan tidak dapat dilakukan jika hanya pemerintah yang bergerak. Masyarakat juga diharapkan ikut mendukung proses pengentasan kemiskinan dengan memanfaatkan program dari pemerintah. 

Anggota Komisi B Pujo Widiono mengatakan, Pemerintah Propinsi Jawa Tengah akan terus berupaya melakukan program-program pengentasan kemiskinan. 

BACA JUGA:Operasi Pasar Sudah Dilakukan, Ganjar Tegaskan Pentingnya Kejujuran dalam Pengelolaan Pangan

Seperti menciptakan beberapa program bantuan usaha mikro untuk UMKM, program BLT, hingga turut menjaga kestabilan harga barang kebutuhan pokok dan mengadakan balai latihan kerja. 

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin, salah satunya melalui pengembangan UMKM,” ujarnya.

Disebutkan, pemerintah turut mendukung perkembangan dan inovasi yang dilakukan oleh UMKM. Misalnya, terhadap UMKM yang mulai masif melakukan branding produk, hingga berjualan online dan mendapatkan omzet yang semakin besar. 

Pihaknya, berharap program-program yang telah diciptakan oleh pemerintah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Sehingga dapat terus bersama menekan angka kemiskinan di Jawa Tengah khususnya Pemalang.

Sumber: