Jalan Pantura Kabupaten Tegal Macet Total, Bina Marga Jateng: Perbaikan Selesai H-15 Lebaran

Jalan Pantura Kabupaten Tegal Macet Total, Bina Marga Jateng: Perbaikan Selesai H-15 Lebaran

Alat berat sedang mengeruk material aspal di Jalan Pantura wilayah Desa Demangharjo, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.COM - Pengendara yang melintas di Jalan Pantura, Kabupaten Tegal harus bersabar. Karena di jalur Nasional itu, macet parah. 

Penyebabnya yaitu, ada perbaikan ruas jalan yang berlokasi di Desa Demangharjo dan Desa Kedungkelor Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal.

Kendati telah diberlakukan contra flow atau satu lajur menjadi dua, namun kemacetan tidak bisa dihindari. 

Pantauan di lapangan, kemacetan di jalur pantura wilayah Kabupaten Tegal terjadi mulai titik pengalihan jalur di Desa Demangharjo.

BACA JUGA:Kartu Tani Digital dan KUR BSI Dilincurkan Presiden Jokowi di Aceh, Begini Pola Transaksinya

Di titik itu, kendaraan saling berebut untuk ke jalur sebelah selatan. Tak jarang, kendaraan angkutan atau kendaraan pribadi memaksakan diri untuk memotong antrean kendaraan. Kondisi itu membuat kemacetan panjang dari arah Jakarta-Semarang. 

Hal serupa juga terjadi di titik contra flow Desa Kedungkelor. Kendaraan dari arah Semarang-Jakarta mengalami kemacetan parah hingga mengular ke wilayah Kabupaten Pemalang. 

Kendati pada malam hari pekerjaan pengecoran jalan pantura berhenti, namun kemacetan masih terjadi. Kendaraan besar yang berpapasan saat beralih jalur juga menjadi salah satu penyebab kemacetan. 

Salah satu pengguna jalan pantura, H Memet Said mengeluhkan kemacetan parah dari arah Semarang-Jakarta terjadi hingga wilayah Kabupaten Pemalang.

BACA JUGA:Masuk Tahun Poltik, Polres Tegal Bangun Sinergi Bareng Bawaslu

Ia harus berjam-jam menunggu antre melalui dua titik perbaikan jalan tersebut. 

“Harus bersabar karena banyak kendaraan besar yang melintas. Banyak yang menyerobot memotong antrean, sehingga makin parah,” ujar H Memet yang juga Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Tegal. 

Kades Kedungkelor, Adi Warnoto yang wilayahnya terdampak pembangunan jalan itu, membenarkan kemacetan parah terjadi pada Rabu sore hingga Kamis pagi 8-9 Februari 2023.

Kondisi Kamis siang juga masih padat merayap. Penyebab kemacetan hanya karena perbaikan jalan dan pengalihan arus. 

Sumber: