Pekan Pertama Dinas, Kapolres Tegal AKBP M Sajarod Zakun Sowan ke Makam Pendiri Tegal

Pekan Pertama Dinas, Kapolres Tegal AKBP M Sajarod Zakun Sowan ke Makam Pendiri Tegal

Kapolres Tegal AKBP M. Sajarod Zakun SH SIK, sowan ke makam para pendiri Tegal, Sabtu 28 Januari 2023.-Hermas Purwadi-

SLAWI, RADARTEGAL.COM - Pekan pertama dinas di Kabupaten Tegal, Kapolres Tegal AKBP M. Sajarod Zakun SH SIK, sowan ke makam para pendiri Tegal, Sabtu 28 Januari 2023.

Dia Ziarah ke makam para pendiri Tegal bersama Pejabat Utama Polres Tegal.

Tempat pertama yang menjadi tujuan Kapolres bersama Pejabat Utama Polres Tegal ini adalah Makam Ki Gede Sebayu di Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang.

Menurut AKBP Sajarod saat ditemui di halaman Makam Ki Gede Sebayu, ziarah ini adalah bentuk penghormatan kepada para leluhur atas jasa, amal baik dan keilmuan yang telah diwariskannya.

BACA JUGA:Bupati Tegal: Tergerus Pola Hidup Modern, Sosial Masyarakat Mulai Luntur

“Tradisi ziarah ini merupakan warisan budaya baik yang harus kita rawat, kita jaga dan lestarikan. Tujuannya supaya kita tidak lupa akan silsilah dan jasa para leluhur kita,” jelas Kapolres.

Usai dari Makam Ki Gede Sebayu, ziarah dilanjutkan ke Makam Ki Ageng Anggawana dan Pangeran Purbaya di Desa Kalisoka, Kecamatan Dukuhwaru dan berakhir di Makam Amangkurat Agung di Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna. 

BACA JUGA:Gubernur Bahas Kemiskinan Ekstrem saat Hari Jadi Pemalang, Mantan Sekda Bilang Begini

“Dari ziarah makam ini, sedikit banyak kita bisa belajar sekaligus napak tilas perjalanan sejarah Kabupaten Tegal. Hal ini merupakan kearifan lokal yang patut dijaga dan dilestarikan,” pungkas AKBP Sajarod. *

Sumber: