Stok Sediaan Farmasi Dinkes Kabupaten Brebes Dijamin Aman

Stok Sediaan Farmasi Dinkes Kabupaten Brebes Dijamin Aman

Tim BPOM didampingi pengelola Instalasi Farmasi Pemerintah Dinkes Brebes mengecek ruang penyimpanan obat di gudang farmasi.-Syamsul Falaq-

BREBES, RADARTEGAL.COM - Sebagai upaya peningkatan kualitas layanan kesehatan, Instalasi Farmasi Pemerintah di Kabupaten Brebes dipastikan aman. 

Hal itu, terbukti setelah dilakukan visitasi lapangan dari Direktorat Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian Kementerian Kesehatan. 

Tujuannya, memastikan tata cara pengelolaan dan penyimpanan kesediaan farmasi obat dijamin aman. 

Termasuk, tanggal kedaluwarsa dan pendistribusiannya yang sudah dilakukan sesuai standar operasional prosedur.

BACA JUGA:Pemkab Target 1.880 Akseptor KB Baru Dalam HUT ke-345 Brebes

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati mengatakan, digelarnya visitasi lapangan ke IFP menjadi bagian dari upaya peningkatan kualitas IFP. 

Khususnya, dalam mengelola obat yang menjadi kewenangan Direktorat Pengawasan Distribusi dan Pelayanan Obat, Narkotika, Psikotropika, dan Prekursor Badan POM.

"Sebab, program penerbitan Surat Keterangan Penerapan Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) menjadi kewenangan BPOM bagi IFP yang telah menerapkan aspek-aspek CDOB," jelasnya.

Informasi dari Direktorat Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian Kementerian Kesehatan, lanjut Ineke, IFP Kabupaten Brebes termasuk dalam data IFP yang telah memiliki Sertifikat ISO 9001:2015. 

BACA JUGA:Dikemas Seperti Pemilu, Pilketos SMK BP Dukuhwaru Meriah Dimeriahkan Lomba Karoke

Sehingga, dinilai akan lebih mudah dalam mengimplementasikan aspek CDOB. Harapannya, upaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan IFP dalam mengelola obat akan lebih dimaksimalkan. 

Termasuk, pembinaan dan pendampingan penerapan CDOB dengan melakukan visitasi ke IFP Kabupaten Brebes.

"Dengan hasil visitasi dan pendampingan rutin, bisa dipastikan ketersediaan bahan farmasi dan obat dijamin aman dan layak," imbuhnya. *

Sumber: