Pemkab Target 1.880 Akseptor KB Baru Dalam HUT ke-345 Brebes

Pemkab Target 1.880 Akseptor KB Baru Dalam HUT ke-345 Brebes

Pemkab Target 1.880 Akseptor KB Baru Dalam HUT ke-345 Brebes.-Syamsul Falaq-

BREBES, RADARTEGAL.COM - Program Keluarga Berencana, ditargetkan menambah 1.880 akseptor dalam rangka Hari Ulang Tahun Kabupaten Brebes ke-345. 

Target tersebut, menjadi rangkaian kegiatan memeriahkan hari jadi kota bawang 2023. 

Rencananya, pelaksanaan program KB digelar pada 24-25 Januari mendatang secara bergiliran. Yakni, Puskesmas Kluwut dan Ketanggungan pada Selasa 24 Januari 2023. Kemudian, Puskesmas Kutamendala dan Sirampog, Kamis 25 Januari 2023, pada jam kerja.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Brebes Akhmad Ma'mun mengungkapkan, target penambahan peserta KB sebanyak 1.880 akseptor merupakan kolaborasi lintas sektoral. 

BACA JUGA:Dikemas Seperti Pemilu, Pilketos SMK BP Dukuhwaru Meriah Dimeriahkan Lomba Karoke

Yakni, Dinkes, Muslimat, Aisiyah, tim penggerak PKK, IDI, IBI dan TPPS serta TNI-Polri.

"Rincian targetnya, 1.505 akseptor Metode Kontrasepsi Jangka Panjang jenis implan. 197 akseptor MKJP IUD, 70 akseptor Metode Operasi Wanita dan 8 Metode Operasi Pria," jelasnya.

Teknis pelaksanaan KB, lanjut Ma'mun, diberikan secara gratis kepada semua akseptor. Jadwalnya, sudah digelar sejak 3 Januari hingga 31 Januari mendatang. 

Tempatnya, di 38 puskesmas, RSUD Brebes dan Bumiayu, RS Bhakti Asih dan rumah sakit di Tegal. Namun, pelaksanaan KB disesuaikan dengan jadwal layanan di masing-masing fasyankes.

BACA JUGA:28 Tim SMP/MTs Adu Jago Dalam Turnamen Bola Voli HUT SMK YPT Tegal

Sementara itu, Kabid Keluarga Berencana Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Sopuroh menambahkan, dengan total 41 fasyankes yang menerima layanan KB Gratis. 

Terbagi menjadi tiga kategori disesuaikan dengan kemampuan dan ketersediaan alkes. Yakni, khusus Implan dan IUD bisa dilayani di 38 puskesmas dan RSUD.

"Sedangkan, khusus MOW bisa dilayani di Bhakti Asih. Kemudian, MOP di rumah sakit Tegal sesuai perjanjian," pungkasnya. *

Sumber: