Soal Normalisasi Sungai, DPRD: Pemkab Segera Ambil Alih dari Provinsi

Soal Normalisasi Sungai, DPRD: Pemkab Segera Ambil Alih dari Provinsi

Anggota DPRD Kabupaten Tegal, Miftahudin.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.COM – Penyebab banjir di Kabupaten Tegal ditengarai karena dangkalnya sejumlah sungai besar. Karenanya, alternatif utama adalah melakukan normalisasi sungai yang menjadi kewenangan Pemprov Jateng.

Akan tetapi, Pemkab bisa ambil alih kewenangan itu dengan menghibahkan hasil normalisasi ke Pemprov. 

“Banjir di Sidaharja, Suradadi langganan tiap tahun saat musim hujan. Jika Pemprov tidak segera melakukan normalisasi Sungai Cacaban, Pemkab bisa ambil langkah menormalisasi,” kata Anggota DPRD Kabupaten Tegal, Miftahudin, Kamis 12 Januari 2023.

Dia menyatakan, usulan untuk normalisasi sejumlah sungai telah dilakukan Pemkab Tegal berkali-kali. Namun, belum ada realisasi dari usulan tersebut.

BACA JUGA:Terakreditasi Bintang 5 dan Lampaui Target Pendapatan, Komisi IV Acungi Jempol RSUD Soeselo Slawi

Guna menyelesaikan persoalan itu, Pemkab bisa mengambil alih kewenangan tersebut melalui berkoordinasi dengan Pemprov Jateng. 

Anggaran normalisasi dialokasikan dalam APBD Kabupaten Tegal, namun setelah selesai hasilnya dihibahkan ke Pemprov Jateng. 

“Kalau tidak diawali dengan hal itu, maka banjir akan terus terjadi. Harus ada niat dan keberanian demi masyarakat Kabupaten Tegal,” tegas Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Tegal itu. 

Menurut dia, pemberian hibah dari Pemkab Tegal ke pemerintahan di atasnya, sudah pernah dilakukan. Ia mencotohkan, Pemkab Tegal pernah hibah ke Pemerintah Pusat untuk pembelian blangko e-KTP. 

BACA JUGA:Pupuk Bersubsidi Langka dan Mahal, Ratusan Petani di Kabupaten Tegal Demo

Hal itu dilakukan karena blangko e-KTP saat itu menjadi salah satu penyebab lambannya pembuatan e-KTP. 

“Banyak lagi hibah dari Pemkab ke pemerintah yang tujuannya untuk pelayanan masyarakat,” katanya. 

Sebelumnya diwartakan, intensitas hujan yang cukup tinggi sejak Rabu 4 Januari 2023 dan berlanjut sampai malam hari, membuat beberapa wilayah di Kabupaten Tegal tergenang banjir. 

Wilayah yang terdampak banjir di Kabupaten Tegal yaitu Kecamatan Adiwerna, Kecamatan Balapulang, Kecamatan Lebaksiu, Kecamatan Slawi, dan Kecamatan Warureja. Kondisi terparah di Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi. 

Sumber: