Terima Satyalancana Dharma AKMY 2022, Bupati Umi Azizah: Saya Dedikasikan Ini untuk Pemuda Kabupaten Tegal

Terima Satyalancana Dharma AKMY 2022, Bupati Umi Azizah: Saya Dedikasikan Ini untuk Pemuda Kabupaten Tegal

Bupati Tegal Umi Azizah saat menerima penghargaan Satyalancana Dharma Aditya Karya Mahatva Yodha dari Pengurus Nasional Karang Taruna.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.COM - Dinilai mampu menumbuhkan karya bakti dan pengabdian sosial generasi muda pada keikutsertaannya membangun kesejahteraan masyarakat, Bupati Tegal Umi Azizah dianugerahi penghargaan Satyalancana Dharma Aditya Karya Mahatva Yodha (AKMY) dari Pengurus Nasional Karang Taruna.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna Didik Mukrianto kepada Bupati Umi pada rangkaian Puncak Peringatan Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Nasional (BBKTN) Tahun 2022 di Balai Kota Surakarta, Rabu 30 November 2022 malam.

Dalam sambutannya, Didik mengatakan organisasi kepemudaan karang taruna lahir dari permasalahan kondisi sosial masyarakat. 

Pemuda Karang Taruna terus bergerak menghimpun potensinya untuk membantu menanggulangi kemiskinan, pengangguran, keterbelakangan sosial hingga peredaran narkoba.

BACA JUGA:Tua-Tua Keladi, Masuk Usia 46 Tahun, SMK YPT Tegal Bakal Miliki Kampus Baru

Hal ini sejalan dengan tema bulan bakti tahun ini yaitu konsisten mengabdi untuk negeri dan tujuan penyelenggaraan Rakernas Karang Taruan yang digelar pada  Selasa 29 November 2022. Antara lain meningkatkan semangat kepedulian, gotong royong dan kesetiakawanan sosial.

“Kader Karang Taruna terus kita dorong agar mampu berperan menjadi perekat sosial, penyambung solidaritas dan penjaga moral serta karakter bangsa. Yang tentunya semua ini dilakukan bersama-sama, berkolaborasi dengan pemerintah, dengan pemangku kepentingan lainnya,” kata Didik.

Di era ekonomi digital ini, pihaknya juga terus mendorong peran dan tumbuhnya kader-kader wirausahawan pemuda Karang Taruna sebagai motor penggerak kemandirian ekonomi dan solusi berbagai persoalan kepemudaan.

Bahkan untuk ini, pengurus di tingkat nasional telah membentuk akademi Karang Taruna sebagai kawah candradimuka untuk mencetak socialpreneur atau pengusaha berwatak sosial dan social leader atau pemimpin yang berjiwa sosial dan tulus melayani rakyat.

BACA JUGA:Tim Penilai PAK Tak Memiliki Hak Tunjuk Media Tentang Penerbitan Tulisan Ilmiah Populer

Pada kesempatan ini, berlangsung pula peluncurkan platform marketplace, database digital dan produk ekonomi kreatif kopi katarina.

Hal senada juga disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. Menurutnya,  di era industri 4.0, peluang pemuda untuk meraih kesejahteraan sosial sangat terbuka. Sebab penguasaan literasi digital pemuda pastinya lebih baik ketimbang generasi sebelumnya.

Sementara itu, hadir pula Wali Kota Surakarta yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Nasional Gibran Rakabuming Raka.

Ditemui usai menerima penghargaan ini, Bupati Tegal Umi Azizah yang hadir didampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal Ahmad Uwes Qoroni dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Tegal Edi Sulistiyanto menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh pemuda Karang Taruna Kabupaten Tegal yang terus bekerja dan bersinergi mendukung upaya pemerintahannya menanggulangi persoalan kesejahteraan sosial.

Sumber: