Banyubiru Ditetapkan KPK Sebagai Desa Antikorupsi Terbaik, Ganjar: 7.809 Desa Lainnya Bisa Replikasi

Banyubiru Ditetapkan KPK Sebagai Desa Antikorupsi Terbaik, Ganjar: 7.809 Desa Lainnya Bisa Replikasi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta 7.809 desa di Jawa Tengah mereplikasi Banyubiru yang ditetapkan sebagai desa antikorupsi terbaik se-Indonesia oleh KPK.--

BACA JUGA:Piala Dunia 2022 Klasemen Selasa 29 November : Prancis, Brasil dan Potugal Lolos Babak 16 Besar

Kemudian Desa Sukojati Jawa Timur, Desa Kamang Hilia Sumatera Barat, Desa Hanura Lampung, Desa Pakatto Sulsel, Desa Kutuh Bali, dan Desa Mungguk Kalbar.

Sementara Ketua KPK Komjen (Purn) Firli Bahuri mengapresiasi kinerja Ganjar dan seluruh jajaran di Jawa Tengah dalam menjaga budaya antikorupsi. Dalam prosesnya, pencegahan korupsi perlu keterlibatan semua pihak.

“Kepala daerah akan memastikan seluruh aspek manajemen itu berjalan. Mulai perencanaan sampai pengawasan termasuk di dalam penganggaran,” kata Firli.

Mantan Wakapolda Jawa Tengah itu mengatakan, kepala daerah punya peranan penting membantu kerja KPK.

BACA JUGA:Benarkah Tenaga Honorer Masa Kerja 5 Tahun Akan Diangkat CPNS Tanpa Tes? Ini Kata APEKSI Komisariat V

“Peran kepala daerah memastikan tidak ada satu celah yang bisa digunakan di luar peruntukkannya secara benar formil maupun materil,” ujarnya.

Firli mengatakan, Gubernur Ganjar Pranowo telah melaksanakan itu dan hasilnya tidak terjadi korupsi. Kemudahan pelayanan publik dan pelaksanaan pemerintahan yang baik di Jawa Tengah, menurutnya berhasil membantu kerja KPK dalam pencegahan korupsi.

“Itulah cita-cita kita bahwa Indonesia harus bersih dari korupsi. Kalau Pak Ganjar sudah melaksanakan, kita terimakasih,” tandasnya. *

Sumber: