Ini 6 Langkah Selamatkan Diri saat Gempa, Simak, Catat dan Ingat-Ingat Ya Bro!

Ini 6 Langkah Selamatkan Diri saat Gempa, Simak, Catat dan Ingat-Ingat Ya Bro!

ILUSTRASI--

Jika ada, ambil sesuatu yang dapat melindungi kepala dan wajah dari puing-puing yang jatuh dan pecahan kaca.

Jika kita berada di dapur saat gempa terjadi, maka segera matikan kompor dan tutupi saat guncangan pertama. Jika berada di tempat tidur, lindungi kepala dengan bantal karena akan memperkecil resiko terluka.

Jangan berdiri di depan pintu, namun segera berlindung di bawah meja. Sebab, konstruksi rumah modern saat ini ambang pintu tidak lebih kuat dari bagian lainnya dan pintu juga tidak dapat melindungi dari kemungkinan cedera.

3. Saat berada di gedung bertingkat, maka menjauhlah dari jendela dan dinding bagian luar serta tetap berada di dalam gedung. 

BACA JUGA:Nyaris Sempurna, Keterbukaan Informasi Publik Pemkot Tegal Dinilai 99,60 oleh Komisi Informasi Jateng

Gunakan tangga darurat bukan elevator, karena listrik bisa saja padam dan sistem sprinkel menyala sehingga dapat menimbulkan bahaya dan risiko lainnya.

Namun, jika anda sudah terjebak tetaplah bersikap tenang dan menarik perhatian orang lain dengan mengetuk-ketuk bagian yang keras atau logam. Ini dilakukan untuk mempermudah dalam mendapatkan pertolongan menuju tempat yang lebih aman.

4. Saat gempa terjadi dan anda tengah berada di tempat ramai seperti pasar dan supermarket, maka yang perlu anda lakukan tetap bersikap tenang dan tidak terburu-buru menuju pintu keluar. Karena bisa jadi akan berdesak-desakan saat keluar.

Selanjutnya, jauhi rak yang berisi benda yang mudah terjatuh. Sebisa mungkin kalau Anda mengambil sesuatu untuk melindungi wajah dari serpihan kaca dan puing.

BACA JUGA:5 Desa di Warureja Rawan Banjir, PMI Kabupaten Tegal Bentuk Sibat

5. Jika berada di luar gedung, maka anda harus tetap berhati-hati. Segera jauhi gedung agar tidak terkena reruntuhan dan serpihan, kabel dan tiang listrik lubang pembuangan serta saluran gas.

Carilah tempat terbuka dan segera memposisikan tubuh anda pada posisi serta tetap bertahan di sana sampai guncangan berhenti. Jauhi zona yang dekat dengan jendela, fasad serta detail arsitektur karena seringkali menjadi bagian yang runtuh pertama kali.

6. Jika anda berada di dalam mobil saat gempa melanda, maka upaya yang perlu dilakukan menerimanya kendaraan di posisi kiri bahu jalan kemudian berhenti. Selanjutnya, mengikuti instruksi petugas yang berwenang melalui alat komunikasi atau memperhatikan sekitar.

BACA JUGA:Galian Pipa PDAM dan PDAB Kerap Rusak Jalan, DPUPR Kabupaten Tegal Jaring Keluhan Masyarakat

Jika mendengar peringatan dini tsunami, segera menuju ke tempat yang lebih tinggi. Seperti perbukitan dan bangunan yang tinggi setelah guncangan terhenti. 

Sumber: