Iklan sukun new

Prakiraan Cuaca, Januari-Februari Puncak Musim Hujan, Masyarakat Kota Tegal Diminta Waspada Banjir

Prakiraan Cuaca,  Januari-Februari Puncak Musim Hujan, Masyarakat Kota Tegal Diminta Waspada Banjir

BPBD Kota Tegal menggelar apel kesiapsiagaan bencana guna menghadapi puncak musim hujan pada Januari-Februari 2023.-Teguh Mujiharto-

KOTA TEGAL, RADARTEGAL.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pucak musim hujan terjadi pada Januari-Februari 2023.

Potensi terjadinya bencana banjir di wilayah Kota Tegal pun cukup tinggi pada saat itu.

Karenanya, sebagai bentuk kewaspadaan terhadap bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal bersama TNI-Polri menggelar apel pada Jumat 17 November 2022 pagi. 

Selain meningkatkan kewaspadaan, kegiatan juga digelar untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat jika pemerintah siap memberikan bantuan penanganan bencana.

BACA JUGA:Telkomsel Luncurkan Paket RoaMAX Liburan Keluar Negeri Jadi Makin Nyaman

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya yang dibacakan Pj. Sekda dr. Sri Primawati Indraswari mengatakan, kegiatan juga digelar sebagai bentuk persiapan menghadapi kemungkinan datangnya bencana alam karena adanya musim hujan. 

Sebab, penanggulangan bencana bukan tanggung jawab BPBD semata, namun semua orang setidaknya bagi dirinya sendiri.

Primawati menyampaikan, berdasarkan informasi BMKG, mulai Oktober lalu masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan. Serta, siap menghadapi kemungkinan datangnya musim penghujan dan akibat yang dapat timbul, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin puting beliung, dan lain-lain. 

BACA JUGA:Sri Asih, Film Superhero Perempuan Pertama di Indonesia

"Oktober dan November merupakan awal musim hujan dan puncaknya diprediksi akan jatuh pada Januari sampai Februari 2023. Tentunya, kita berharap semuanya akan baik-baik saja, namun semua pihak harus lebih sigap dan siap-siaga untuk meminimalisir risiko," katanya. 

Dari hasil pengecekan, kata Prima, relawan dan perlengkapan yang dimiliki segenap komponen yang ada di Kota tegal sudah cukup bagus dan lengkap. Sehingga, siap untuk menghadapi bencana.

“Kalau tadi dari gelar pasukan dari mulai pemerintah kemudian masyarakat, relawan itu sudah siap, begitu juga dengan peralatan, sarana, prasarananya kita juga cukup lengkap untuk menghadapi bencana," ujarnya.

BACA JUGA:HASIL Timnas U-20 vs Prancis U-20, Dibantai 0-6, Kekhawatiran Shin Tae-yong Terjadi

Kalak BPBD Kota Tegal, Mochammad Mabbrur menyampaikan Apel kesiapsiagaan bencana digelar untuk mengecek kesiapsiagaan. Baik personel maupun peralatan yang ada dalam menghadapi potensi bencana yang terjadi.

Sumber: