Universal Health Coverage (UHC) 96 Persen Ditargetkan Terealisasi di Kabupaten Brebes Desember 2022

Universal Health Coverage (UHC) 96 Persen Ditargetkan Terealisasi di Kabupaten Brebes Desember 2022

--

BUMIAYU, radartegal.com - Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti menyerahkan kartu kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) cuma-cuma kepada empat warganya. Mereka adalah peserta penerima bantuan program skema sharing iuran RSUD Bumiayu, Minggu lalu 13 November 2022.

Penyerahan itu dilakukan bersamaan dengan kegiatan jalan santai sebagai rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Lapangan Asri Bumiayu. Idza Priyanti mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, utamanya bagi ibu hamil dan menyusui serta balitanya.

Idza mewanti-wanti kesehatan anak sudah dimulai sejak dalam kandungan, bukan hanya sejak dilahirkan. Karenanya, beber Idza, pemeriksaan rutin bagi ibu hamil dan menjaga asupan nutrisi itu sangat penting untuk dilakukan. 

“Kepesertaan JKN yang telah diserahkan ini semoga dapat memberikan manfaat bagi penerimanya. Untuk ibu hamil dapat memanfaatkan hak untuk memeriksakan kehamilannya secara rutin,” pinta Idza.

Pentingnya pemeriksaan rutin itu, tambah Idza, dimaksudkan agar perkembangan kesehatan ibu dan janin dalam kandungan dapat terpantau dengan baik. Selain itu juga mencegah anak tumbuh dalam keadaan stunting atau gizi buruk.

"Semoga penambahan kepesertaan JKN baik melalui program SSI dari pemerintah daerah maupun dari segmen yang lain akan meningkatkan pemberian layanan yang berkualitas. Tentunya dengan semangat HKN dan dukungan dari berbagai pihak," ucap Idza lagi. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tegal, Bellza Rizki Ananta yang ikut menghadiri kegiatan HKN ke-58 itu mengatakan apa yang dilakukan RSUD Bumiayu adalah hal baik. Menurutnya, hal itu dapat menjadi panutan bagi instansi lainnya, untuk ikut serta menyukseskan program JKN.

Partisipasi BPJS Kesehatan dalam peringatan HKN, ungkap Bellza, merupakan bentuk dukungan dan partipasi menyukseskan Gerakan Hidup Sehat Masyarakat (GERMAS) yang digalakkan Dinas Kesehatan.  

“RSUD Bumiayu telah berpartisipasi dalam program SSI yang dilaunching pada Juli 2022 lalu. Sebanyak 226 orang peserta telah berhasil dibantu oleh RSUD Bumiayu,“ beber Bellza. 

Bellza merinci, saat ini cakupan kepesertaan JKN di Kabupaten Brebes sudah 94,60 persen per November 2022. Sehingga berarti sudah 1.910.197 jiwa dari  2.019.255 jiwa total penduduk Kabupaten Brebes yang telah terlindungi jaminan kesehatan.

"Harapannya Desember 2022 nanti, Pemkab Brebes segera mendeklarasikan Universal Health Coverage (UHC) dengan cakupan peserta sebanyak 96 persen," pungkas Bellza. (*) 

Sumber: