Iklan sukun new

Bikin Mewek, Kisah Lansia Sebatangkara di Tegal, Tinggal di Rumah Rawan Ambruk, Babinsa Cepat Cari Bantuan

Bikin Mewek, Kisah Lansia Sebatangkara di Tegal, Tinggal di Rumah Rawan Ambruk, Babinsa Cepat Cari Bantuan

Rumah milik Sutani, lansia sebatangkara di Desa Kaliwadas, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, sedang direhab oleh anggota TNI dan warga.-Yeri Noveli-

ADIWERNA, RADARTEGAL.COM - Malang nian nasib Sutani (77), warga RT03 RW01 Desa Kaliwadas, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal. Wanita lanjut usia (Lansia) itu berprofesi sebagai pencari rongsok atau barang bekas dan kayu bakar.

Dia menempati rumah berukuran 5x11 meter. Sutani hidup sebatangkara. Suaminya sudah meninggal sejak 5 tahun silam. Sutani hanya memiliki satu orang anak.

Namun, anaknya tidak hidup serumah. Dia (anak Sutani) tinggal di Suradadi, Kabupaten Tegal. Kondisi anaknya kemungkinan juga sudah renta, karena usianya sudah lebih dari 50 tahun. Sehingga anaknya jarang berkunjung ke rumah Sutani.

BACA JUGA:Jadwal Lengkap Piala Dunia 2022, Qatar vs Ekuador Pembuka, Spanyol vs Jerman Paling Dinanti

Setiap hari, untuk bisa bertahan hidup, Sutani hanya mengandalkan hasil dari penjualan rongsoknya. Kemudian untuk kayu bakarnya, digunakan untuk memasak. 

Tidak sedikit warga di sekitar lokasi juga kerap membantu memberikan makanan untuk Sutani. Jika melihat kondisi rumah Sutani, memang sangat memprihatinkan. Reot dan rawan ambruk. 

Tidak ada satupun keramik yang menempel dilantai rumah itu. Bahkan, dindingnya sebagian juga sudah terkelupas. Rumahnya tanpa plafon. Genteng rumah juga sudah berumur.

BACA JUGA:Ganjar Buka Kongres Jawa III, Raja Yogyakarta: Budaya Jawa Tak Akan Hilang Meski Terus Digempur Modernisasi

Tak heran bila setiap turun hujan, gentengnya bocor. Tiang penyangganya juga sudah lapuk. Di dalam rumah itu, hanya ada 1 kamar tidur, kamar mandi dan dapur. Ruangannya sangat lembab dan pengap.

Mendengar kabar itu, Serma Agus Setiawan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07 Adiwerna Kodim 0712 Tegal, bergegas mendatangi rumah Sutani.

Agus langsung melihat kondisi rumah janda renta tersebut. Agus tak menampik, kondisi rumah Sutani memang tidak layak huni. 

BACA JUGA:Jarak Toko Modern di Tegal Bakal Diatur Menggunakan Perda, Wali Kota: Untuk Lindungi Pedagang Kecil

"Kondisi rumahnya sangat memprihatinkan dan tidak layak huni, atap dapur roboh dan saat itu saya langsung berkoordinasi dengan ketua RT setempat,” kata Serma Agus yang sedang menjalankan tugas Program Babinsa Masuk Dapur, beberapa waktu lalu.

Koordinasi Agus bersama ketua RT dan beberapa warga akhirnya sepakat memperbaiki rumah tersebut.

Sumber: