Jalan Baru Senilai Rp1,87 Miliar Dibangun Pemkab Tegal, Ruas Sumbaga-Sokatengah Siap Difungsikan

Jalan Baru Senilai Rp1,87 Miliar Dibangun Pemkab Tegal, Ruas Sumbaga-Sokatengah Siap Difungsikan

Ruas jalan baru Sumbaga-Sokatengah dibangung dengan anggaran APBD Kabupaten Tegal, senilai Rp1,87 miliar.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal membangun jalan baru senilai Rp1,87 miliar.

Rusa jalan baru ini menjadi akses jalur alternatif Balapulang-Bumijawa melalui Pertigaan Clirit.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan DPU Kabupaten Tegal Muhamad Nuh mengatakan, pembangunan jalan baru di wilayah Desa Sumbaga ini dibuat melingkar dan lebih landai setelah sebelumnya dilakukan pembebasan lahan. 

Sementara jalan lama kondisinya mengalami ambles atau penurunan level tanah. Adapun perkerasan sementara dari jalan baru ini berupa lapisan telford atau susunan batu pecah. 

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Sowan ke Saung Merah Putih Mbah Tarjo, Tempat Kumpul Preman dan Penjudi Jadi Baik

Rencananya, di tahun 2023 baru akan dilakukan pengaspalan. “Semestinya pekerjaan dari penggalian, urukan sampai perkerasan telford di ruas Sumbaga-Sokatengah ini selesai akhir Oktober 2022 kemarin," kata Nuh Selasa 1 November 2022.

"Tapi ini masih dalam proses perkerasan karena dari pelaksana minta perpanjangan waktu pengerjaan selama 15 hari. Jadi kemungkinan pertengahan November 2022 baru bisa dilaksanakan proses serah terimanya ke Pemda dan siap digunakan oleh masyarakat,” sambung Nuh.

Dia mengungkapkan, perpanjangan waktu pengerjaan tersebut dapat diberikan lantaran kondisi cuaca di lokasi pekerjaan yang kurang mendukung penyelesaiannya sesuai rencana kerja.

BACA JUGA:Bhabinkamtibmas di Tegal Jadi Pos Polisi Keliling Pendeteksi Dini Ganguan Keamanan

Pembangunan dan peningkatan kualitas jalan ini bersumber dari APBD Kabupaten Tegal Tahun Anggaran 2022.

Adapun pengerjaannya oleh CV Anilo Wijoyo terbagi menjadi dua titik. Di mana ruas Sumbaga-Sokatengah yang saat ini sedang dalam proses pengerasan memiliki spesifikasi panjang 201 meter dan lebar 5 meter.

Sedangkan pada ruas Clirit-Senggang saat ini sedang dalam proses pengaspalan jalan, dengan spesifikasi pekerjaan sepanjang 68 meter dan lebar antara 7-10 meter.

Pada segmen ini sebelumnya juga telah dilakukan pekerjaan pelandaian tanjakan karena dinilai terlalu curam dan membahayakan pengguna jalan. Serta pekerjaan bronjong dan perkerasan telford.

BACA JUGA:Program Dahsyat Warga Larangan, Brebes, untuk Tangani Stunting Bikin Ganjar Pranowo Bangga

Sumber: