Iklan sukun new

Peringati Hari Batik Nasional, Puluhan Pelajar di Kendal Membatik Tematik di Kain Sepanjang 10 Meter

Peringati Hari Batik Nasional, Puluhan Pelajar di Kendal Membatik Tematik di Kain Sepanjang 10 Meter

Puluhan pelajar dari berbagai tingkat satuan pendidikan mengikuti kegiatan Persembahan Membatik yang digelar Disdikbud Kendal.-Nur Kholid MS-

KENDAL, radartegal.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal menggelar kegiatan Persembahan Membatik di Gor SMKN 1 Kendal, Selasa 20 September 2022.

Dalam kegiatan tersebut, puluhan pelajar dari berbagai tingkat satuan pendidikan membatik diatas kain sepanjang 10 meter.

Hasil karya membatik itu, nantinya dipersembahkan bagi Bupati Kendal dan istri, untuk dipakai di peringatan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober mendatang.

Kepala Disdikbud Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan,  persembahan membatik pada kain sepanjang 10 meter ini diikuti oleh perwakilan pelajar dari semua jenjang pendidikan, baik SLB, SD, SMP, SMA dan SMK. 

Temanya membatik tematik sesuai geografis dan kondisi alam di Kabupaten Kendal. 

Dengan begitu kreatifitas pelajar beragam corak batik pun akan mewarnai kain sepanjang 10 meter tersebut. Mulai dari corak batik pesisir hingga corak batik pegunungan.

"Ada motif kopi, peta Kendal, flora dan fauna, serta beberapa ikon Kendal lainya dituangkan di kain batik sepangjang 10 meter ini," katanya.

Menurut Wahyu, kegiatan tersebut bukan hanya untuk memperkenalkan, melainkan juga menanamkan kecintaan pelajar atas batik.

Serta menjaga kelestarian warisan budaya yang telah diakui UNESCO. "Kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa cita pada generasi muda pada seni dan budaya sendiri, kemudian punya karakter yang baik sehingga akan bisa lebih tekun dan teliti dan bertanggung jawab serta semangat. Yang tak kalah penting anak-anak akan menghargai proses. Karena membatik ini butuh proses. Terakhir akan punya mental jiwa kewirausahaan," ungkapnya.

Sementara itu, istri Bupati Kendal, Wynne Frederica, menyatakan siap berupaya mempromosikan berbagai ragam corak batik Kendal, baik di tingkat nasional maupun Internasional. 

Bahkan Ketua TP PKK Kendal ini mempunyai impian bahwa Kepala Negara dan Ibu Negara dapat berkesempatan mengenakan batik Kendal. 

Karena dukungan Kepala Negara sebagai pemimpin sangat berpengaruh besar terhadap suatu daerah.

"Pelajar membatik ini langkah awal untuk bisa mencapai step yang lebih besar. Sekaligus mengenalkan membatik sebagai budaya yang dimiliki bangsa ini dan tak dipunyai bangsa lain. Hasil batik karya pelajar ini akan saya pakai bersama mas Bupati di peringatan Hari Batik Nasional Oktober mendatang," ucapnya. (*)

 

Sumber: