Belajar Tata Kelola Jurnalistik, Tim Ekskul Jurnalistik SMPN 1 Margasari Sambangi Radar Tegal Grup

Belajar Tata Kelola Jurnalistik, Tim Ekskul Jurnalistik SMPN 1 Margasari Sambangi Radar Tegal Grup

JURNALISTIK - Tmi ekskul jurnalistik SMPN 1 Margasari mendapatkan penjelasan tata kelola kejurnalistikan dari Pimred radartegal.com, Zuhlifar Arrisandy. (foto: handy herdiana/rtc)--

TEGAL, radartegal.com - 36 siswa dan siswi SMPN 1 Margasari yang tergabung dalam ekstra kurikuler jurnalistik bertandang ke Graha Pena Radar Tegal, Sabtu 17 September 2022. Mereka melakukan jurnalistik trip untuk sharing ilmu jurnalistik ke media-media di bawah pengelolaan Radar Tegal Grup (RTG).

Guru pendamping, Agus Umar Hakim mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk menambah wawasan tentang ilmu kejurnalistikan. Itulah sebabnya, siswa-siswi yang mengikuti kegiatan merupakan anggota ekskul jurnalistik.

"Ketika bicara kewartawanan di Tegal dan sekitarnya pasti rujukannya Radar Tegal. Itulah sebabnya kami mengunjungi radar Tegal, supaya mendapatkan pembelajaran yang sesungguhnya tentang jurnalistik," katanya.

Agus Umar menambahkan para peserta bahkan merasa surprise, karena bisa belajar pengelolaan 4 media sekaligus. Yakni Koran Radar Tegal, radartegal.com sebagai media online, radartegaltv, dan 104.4 FM Radar CBS.

"Mudah-mudahan ini menjadi pembelajaran yang baru bagi siswa-siswi yang menjadi anggota ekskul jurnalistik. Karena merekalah tumpuan kami untuk mengelola media kejurnalistikan yang ada di sekolah," tambahnya.

Di Graha Pena Radar Tegal, para siswa disambut Pemimpin Redaksi radartegal.com, Zuhlifar Arrisandy dan editor radartegal.tv, Hendy Herdiana Pratama. Setelah dikenalkan pengeloaan administrasi media, para peserta diajak ke lantai II.

Di sana, mereka dikenalkan tentang pengelolaan berita-berita koran, online, dan tv. Meski terlihat capai, tak mengurangi antusiasme ke-30-an siswa-siswi.

Itu terlihat dari berbagai pertanyaan seputar produksi berita, cera membuat mading yang bagus, hingga editing video. Para peserta juga diberi kesempatan untuk siaran langsung atau on air di 104.4 radar CBS.

"Alhamdulillah teman-teman bisa mengikuti jurnalistik trip ini dengan baik. Mudah-mudahan ini akan berguna bagi teman-teman ke depannya," ujar Zuhlifar Arrisandy.

Di akhir kegiatan, para peserta juga berkesempatan melihat secara langsung spot foto dan kemeriahan Alun-alun Tegal. Sehari setelah berkunjung ke Graha Pena Radar Tegal, rangkaian jurnalistik trip diakhiri dengan materi kelas di Laboratorium Multimedia SMPN 1 Margasari.

Jurnalistik trip dilanjutkan hari kedua, Minggu 17 September 2022 dengan meteri di kelas. Selain mentor radartegal.com, siswa dan siswi juga mendapatkan pemahaman tata kelola kejurnalistikan dari guru.

Kepala SMPN 1 Margasari, Winako menyambut baik kegiatan jurnalistrik trip tersebut. Dia meminta para peserta ekskul jurnalistik bisa mengambil manfaat sebaik-baiknya, baik saat berkunjung ke Graha Pena Radar Tegal maupun materi di kelas.  

"Anak-anak yang berjumlah 36 ini berarti punya kesempatan yang lebih dibandingkan 800 siswa dan siswi lainnya. Karena bisa belajar jurnalistik dengan benar. Jadi manfaatkan dan terapkan," pintanya.

Winarko berniat untuk melengkapi piranti-piranti keras seperti kamera digital untuk kebutuhan fotografi dan audio visual. Sehingga para peserta ekskul bisa memperdalam ilmu kejurnalistikan dengan lengkap. (*)

Sumber: