Strategi Daya Saing Toko Modern 

Strategi Daya Saing Toko Modern 

--

Pemilihan karyawan yang memiliki kepribadian baik yang meliputi ekstraversi, keramahan, kehati-hatian, stablitas emosional dan keterbukaan pada pengalaman (Big Five Model kepribadian) dan menghindari perekrutan karyawan yang memiliki Dark Triad (machivellianisme, narsisme dan psikopat).

Selain aspek tersebut, aspek passion dalam bersosial media juga dapat ditambahkan dalam perekrutan calon karyawan guna mendukung aspek promoting toko.

Ketujuh, Pemanfaatan Teknologi Informasi. Hal ini dilakukan dengan menerapkan sistem teknologi dalam operasional toko, mulai dari sistem kasir, sistem inventory dll untuk memudahkan bagi karyawan dalam pengoperasionalan toko.

Penggunan teknologi informasi ini juga akan menjadikan usaha toko yang kita jalankan menjadi autopilot yang dapat kita kontrol dan kendalikan dari jarak jauh, sehingga hal ini tidak membatasi owner toko untuk selalu stand by atau berada di toko seperti toko-toko konvensiona.

Dengan penggunaan teknologi informasi ini, owner toko atau pemangku kepentingan toko dapat merumuskan segmen pembelian produk yang fast movinng maupun slow moving dan dapat mengetahui trafic kunjungan toko, yang dapat digunakan sebagai feed back dalam perumusan strategi maupun manajemen operasional toko guna menciptakan keunggulan kompetetif maupun daya saing tinggi di tengah meningkatnya perkembangan toko modern saat ini. (**)

*) Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Bisis Universitas Jenderal Soedirman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: