Hanya Berlangsung Lima Menit, Puluhan Bangunan di Pagerbarang Porak Poranda Disapu Angin

Hanya Berlangsung Lima Menit, Puluhan Bangunan di Pagerbarang Porak Poranda Disapu Angin

Peronel Polsek Pagerbarang membatu mengevakuasi pohon yang tumbang di sapu angin kencang.-Hermas Purwadi-

PAGERBARANG, radartegal.com -  Kapolsek Pagerbarang, AKP Novely Haryanto menyatakan, angin kencang di Desa Pagerbarang, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal, hanya berlangsung sekitar lima menit.

“Ada angin kencang berasal dari arah timur ke barat yang berlangsung selama 5 menit, hingga menyebabkan beberapa bangunan mengalami kerusakan ringan hingga berat,” ungkap Novely.

Menurutnya, peristiwa tersebut terjadi pada Senin, 13 September 2022 siang, saat intensitas hujan tinggi disertai angin kecang. Usai hujan reda, lanjut Novely, pihaknya melakukan patroli dibebeapa tempat dan mendapati rumah warga, bangunan pasar, serta minimarket mengalami kerusakan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian material ditaksir mencapai Rp300 juta. Hingga saat ini, personel telah membantu melakukan evakuasi dan membantu warga.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal, Sunarto, Rabu, 14 September 2022 mengatakan, angin kencang terjadi di dua desa, yakni Pagerbarang Kecamatan Pagerbarang dan Penyalahan Kecamatan Jatinegara.

Dari hasil assesment yang dilakukan kerusakan melanda rumah warga dan fasilitas umum.

"Dari hasil assesment, ada rumah warga dan fasilitas umum yang mengalami kerusakan. Kalau korban jiwa tidak ada," katanya.

Disebutkan, di Desa Pagerbarang ada 147 rumah mengalami kerusakan ringan, dan 8 rusak sedang. Angin juga merusak fasilitas umum seperti minimarket, SDN 1 Pagerbarang, SMAN 1 Pagerbarang dan pasar.

Sementara di Desa Penyalahan, 5 rumah rusak berat dan dua rusak sedang.

"Terkait itu, hari ini (kemarin) kita menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak angin kencang itu," ujarnya. (*)

Sumber: