Sempat Terhenti, Anggota DPRD Brebes Apresiasi Tradisi Sedekah Laut di Pangaradan

Sempat Terhenti, Anggota DPRD Brebes Apresiasi Tradisi Sedekah Laut di Pangaradan

Tradisi sedekah laut-Dedi Sulastro/Radar Tegal Group-radartegal.com

BREBES, radartegal.com- Anggota DPRD Kabupaten Brebes Tobidin Sarjum mengapresiasi tradisi sedekah laut yang dilaksanakan oleh para nelayan di Desa Pangaradan Kecamatan Tanjung, Rabu, 14 September 2022.

Menurut Tobidin, kegiatan sedekah laut merupakan acara ritual tahunan yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat yang mayoritas sebagai nelayan. Apalagi, selama dua tahun terakhir kegiatan tersebut sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

"Selama dua tahun ini masyarakat setempat yang mayoritas nelayan ini tidak menggelar sedekah laut. Jadi, baru tahun ini bisa menyelenggarakannya. Sehingga kami apresiasi berjalannya kegiatan ini," ujarnya.

Dijelaskannya, sedekah laut ini sudah adat dan tradisi nelayan sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas hasil laut yang telah didapat selama ini.

"Jadi harapan kami tradisi seperti ini bisa terus dijaga," tambah ketua DPD PAN Kabupaten Brebes ini.

Dalam kesempatan yang sama, dirinya memberi masukan agar hasil tangkap bisa masuk tempat pelelangan ikan (TPI). Hal ini agar nantinya bisa menyumbangkan pendapat asli daerah (PAD).

"Sejauh ini masih masuk ke bakul ikan, kita harapkan nantinya bisa masuk ke TPI. Sehingga, bisa masuk ke PAD," terangnya.

Seperti diketahui, kegiatan sedekah laut ini juga dihadiri oleh Dinas Perikanan Brebes dan sejumlah nelayan serta warga setempat yang menyaksikan acara sedekah laut yang berjalan lancar dan aman. (*)

Sumber: radartegal.com