Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tegal Jalani Medical Check Up

Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tegal Jalani Medical Check Up

PEMERIKSAAN: Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tegal menjalani medical check up.-Istimewa-radartegal.com

SLAWI, radartegal.com - Sejumlah pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Tegal menjalani medical check up yang dilaksanakan di salah satu ruangan belum lama ini. Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh untuk meningkatkan kesehatan para wakil rakyat itu.

Penanggungjawab Medical Check Up dari RSU Syubbanul Wathon, dr.Tiwi Harjanti Cakranita mengatakan, kegiatan pemeriksaan kesehatan dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari pemeriksaan laboratorium, Foto Rontgen, Elektrokardiogram (EKG), ultrasonografi (USG), Exercise Stress Test (Treadmill) hingga Pap Smear.

“Pemeriksaan secara menyeluruh. Namun, pap smear hanya khusus wanita,” katanya. 

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal Rustoyo menjelaskan, kegiatan itu menjadi agenda tahunan untuk menindaklanjuti Peraturan Pemerintah (PP) 18/2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

“Tidak hanya tahun ini, tetapi Medical Check Up ini sudah berjalan sejak periode sebelumnya,” jelas Rustoyo.

Menurut Rustoyo, kegiatan Medical Check Up ini bagian dari upaya meningkatkan kesehatan pimpinan dan anggota DPRD. Sebab, jika melihat kualitas dan kuantitas agenda yang begitu padat, maka masalah kesehatan tidak boleh diabaikan.

"Sehingga, jangan sampai karena banyaknya kegiatan jadi lupa waktu sehingga masalah kesehatan menjadi terabaikan,” katanya.

Rustoyo mengatakan, Medical Check Up ini sangat membantu pimpinan dan anggota DPRD dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Sebab rutinitas cukup padat, kalau tidak ditunjang dengan kondisi kesehatan yang prima tentu akan mengganggu tugas pokok fungsinya.

Rustoyo berharap, setelah Medical Check Up ini anggota DPRD akan melakukan introspeksi terhadap kondisi kesehatan masing masing. Jika tidak fit, maka tidak perlu dipaksakan.

"Kalau kondisi kesehatannya sedang tidak sehat jangan dipaksakan mengikuti kegiatan yang aktivitasnya menuntut kondisi tubuh yang prima. Saya berharap ini menjadi perhatian teman teman DPRD ke depan,” harapnya. (*/adv)

Sumber: radartegal.com