Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Raja Inggris Terlama

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Raja Inggris Terlama

Ratu Elizabeth II --

Dia mengadakan audiensi mingguan dengan perdana menteri sepanjang masa pemerintahannya. Di Istana Buckingham di London, orang banyak yang menunggu kabar terbaru tentang kondisi Ratu mulai menangis ketika mereka mendengar kematiannya.

Bendera Union di atas istana diturunkan menjadi setengah tiang pada pukul 18:30 waktu setempat. Ratu Inggris bernama lengkap Elizabeth Alexandra Mary Windsor ini lahir di Mayfair, London, pada 21 April 1926.

Tak banyak yang menyangka dia akan menjadi raja, tetapi pada bulan Desember 1936 pamannya, Edward VIII, turun takhta untuk menikahi orang Amerika yang dua kali bercerai, Wallis Simpson.

Ayah Elizabeth menjadi Raja George VI dan, pada usia 10 tahun, Lilibet, begitu ia dikenal dalam keluarga, menjadi pewaris takhta.

Dalam tiga tahun, Inggris berperang dengan Nazi Jerman. Elizabeth dan adik perempuannya, Putri Margaret, menghabiskan sebagian besar masa perang di Kastil Windsor setelah orang tua mereka menolak saran agar mereka dievakuasi ke Kanada.

Setelah menginjak usia 18 tahun, Elizabeth menghabiskan lima bulan di Auxiliary Territorial Service dan mempelajari mekanika motorik dasar dan keterampilan mengemudi.

“Saya mulai memahami esprit de corps yang tumbuh subur dalam menghadapi kesulitan,” kenangnya kemudian.

Selama perang, dia bertukar surat dengan sepupu ketiganya, Philip, Pangeran Yunani, yang bertugas di Angkatan Laut Kerajaan.

Romansa mereka berkembang dan pasangan itu menikah di Westminster Abbey pada 20 November 1947, dengan sang pangeran mengambil gelar Duke of Edinburgh.

Dia kemudian menggambarkannya sebagai ‘kekuatan dan keabadian’ melalui 74 tahun pernikahan, sebelum kematiannya pada tahun 2021, pada usia 99 tahun.

Anak-anak Ratu Elizabeth II dan Philip antara lain Charles, putra pertama lahir pada tahun 1948, diikuti oleh Putri Anne, pada tahun 1950. Kemudian Pangeran Andrew, pada tahun 1960, dan Pangeran Edward, pada tahun 1964.

Dari anak-anaknya itu, Elizabeth mendapatkan delapan cucu dan 12 cicit. (*)

Sumber: