Iklan sukun new

Pakai Nama Presiden Pertama, RSUD Ir. Soekarno Ketanggungan Disorot

Pakai Nama Presiden Pertama, RSUD Ir. Soekarno Ketanggungan Disorot

Anggota DPRD Brebes Tri Murdiningsih-Dedi Sulastro/Radar Tegal Group-radartegal.com

BREBES, radartegal.com - Pemberian nama Rumah Sakit (RS) di Kecamatan Ketanggungan dengan RSUD Ir Soekarno mendapat sorotan dari Anggota DPRD Brebes Tri Murdiningsih.

Ketua Komisi IV DRPD Brebes ini mengatakan, pemberian nama di RS yang baru selesai dibangun dengan nama Presiden Pertama RI Ir. Soekarno dianggap belum sebanding. Bahkan, penamaan rumah sakit tipe D Tersebut justru terkesan terlalu dipaksakan. 

"Secara kelembagaan dan sebagai legislator dari PDI Perjuangan, saya merasa terlalu dipaksakan. Karena nama Bung Karno terlalu besar jika disandingkan dengan RS sekelas kecamatan itu. Ditambah lagi, dari sisi sarpras dan penganggaran dinilai belum memenuhi standar operasional," ungkapnya, Rabu 7 September 2022.

Dirinya juga memberikan beberapa alasan yang menjadi pertimbangan pihaknya meminta bupati untuk mengkaji ulang penamaan RSUD di Kecamatan Ketanggungan tersebut. Di antaranya, kelas atau level RS yang setara puskesmas.

Sedangkan, nama Bung Karno merupakan tokoh nasional populer jelas kurang sepadan jika digunakan branding. 

Kemudian, pembangunannya juga murni menggunakan APBD Kabupaten Brebes tanpa campur tangan APBN. Sehingga, akan lebih elegan jika nama rumah sakitnya cukup dengan nama daerahnya Ketanggungan.

"Lebih baik pakai nama RSUD Ketanggungan saja agar tidak terlalu berat bebannya. Jangan sampai, citra Bung Karno tercoreng dengan pelayanan RS yang terkesan dipaksakan," pungkasnya. (*)

 

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Try Sulistyowati menjelaskan, Pembangunan gedung RSUD Ir Soekarno dilakukan secara bertahap dengan dana Rp90 miliar. Tahap pertama tahun 2020 dengan anggaran sebesar Rp62 miliar dan tahap berikutnya dengan anggaran sebesar Rp28 miliar.

 

Untuk mempercepat operasional RSUD Ir Soekarno Ketanggungan telah dibentuk Tim Percepatan Operasional RSUD sembari menunggu turunnya terbitnhya izin operasional dari Menteri Kesehatan RI. RSUD Ir Soekarno Ketanggungan akan melayani rawat jalan, rawat inap, dan pelayanan klinik lainnya. 

 

"Dengan adanya RSUD Ir Soekarno Ketanggungan diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan utamanya bagi masyarakat Brebes Wilayah Tengah," pungkasnya.(ded)

Sumber: radartegal.com