Tingkatkan Mutu Dosen, Pascasarjana UPS Tegal Gandeng Pascasarjana UMM

Tingkatkan Mutu Dosen, Pascasarjana UPS Tegal Gandeng Pascasarjana UMM

--

TEGAL, radartegal.com - Untuk meningkatkan mutu dosen dan mahasiswanya, Magister Pedagogi (MP) Pascasarjana Universitas Pancasakti (UPS) Tegal melakukan studi banding dan kerjasama dengan Magister Pedagogi Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 

Tidak hanya itu, kerja sama antara kedua perguruan tinggi itu juga dilakukan untuk mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan implementasi pelaksanaan program merdeka belajar kampus merdeka. 

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan, Kamis 25 Agustus 2022 di Aula Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang.

Pascasarjana UPS Tegal diwakili  Direktur Pascasarjana UPS Tegal, Prof Dr Sitti Hartinah, Dr Basukiyatno MPd yang juga Kaprodi MP UPS Tegal, dan Direktur Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang, Prof Akhsanul In'am Phd serta Kaprodi MP UMM, Dr Agustinus MPd.

Sitti Hartinah mengatakan banyak dosen di Pascasarjana UPS Tegal yang berkeinginan melanjutkan studi S3, terkendala dengan waktu dan tugas. "Saya menyambut baik apa yang ditawarkan Prof Akhsanul In'am selaku direktur Pascasarjana UMM. Yaitu dengan membuka S3 dengan media blanded learning," ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya S3 di UPS Tegal, ada joint pembelajaran antara dosen dari UMM dengan dosen dari UPS yang akan menempuh guru besar dijadikan co promotor disertasi. "Sehingga ada peluang besar dan kesempatan teman-teman menjadi profesor," tambahnya.

Dalam waktu dekat, rinci Sitti Hartinah, akan ada konsorsium rekonstruksi kurikulum baru antara MP UMM, MP UPS Tegal, dan MP UPI Bandung. Selanjutnya ada joint lecturer, yakni dosen UMM mengajar di UPS dan sebaliknya.

Selain itu juga, papar Sitti Hartinah, akan diberikan pelatihan penulisan artikel kepada mahasiswa calon wisudawan. Sehingga diharapkan bisa dipublish sebagai berita di jurnal internasional minimal Q3.

"Selanjutnya untuk matrikulasi dilakukan selama satu semester dan penulisan tesis dijadwalkan sejak semester satu dengan satu SKS. Lalu diakhiri dengan penulisan book chapter antara UMM dan UPS Tegal," tutupnya. (*)

Sumber: