Booster Kedua untuk Nakes di Brebes Diwacanakan Pekan Ini

Booster Kedua untuk Nakes di Brebes Diwacanakan Pekan Ini

-Dedi Sulastro/Radar Tegal Group-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat berencana melakukan vaksinasi dosis keempat atau vaksin booster ke dua. 

Booster dosis kedua ini diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) yang ada di Kabupaten Brebes. 

Kepala Dinas Kesehatan Brebes Ineke Tri Sulistyowati mengatakan, akhir Juli lalu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah menganjurkan pelaksanaan vaksinasi booster kedua. 

Hal itu lantaran angka kasus Covid-19 disejumlah daerah mengalami kenaikan. Selain itu, kekebalan nakes juga mulai menurun.

"Karena pandemi belum berakhir, dan kasus di beberapa wilayah mengalami kenaikan. Karena itu, pemerintah menganjurkan vaksinasi dosis keempat atau vaksin booster kedua," ungkapnya, Rabu (3/8) 

Dijelaskannya, vaksinasi booster kedua atau dosis keempat akan dilakukan dalam pekan ini. Namun sasaran vaksinasi kali ini lebih memprioritaskan tenaga kesehatan. 

Dari data vaksinasi booster pertama, total ada 5.923 nakes yang akan disuntik vaksin booster kedua. Di mana, jumlah nakes itu tersebar di 38 puskesmas dan 14 rumah sakit di Brebes. 

"Untuk sasarannya nakes yang ada di 38 puskesmas dan 14 rumah sakit yang ada di Kabupaten Brebes serta semua faskes termasuk apotek. Vaksinasi ini menggunakan vaksin jenis Moderna, Sinovak, dan Astrazeneca. Saat ini sedang dibuat surat edaran," jelasnya. 

Ditambahkannya, untuk vaksinasi booster dosis kedua terhadap masyarakat, belum bisa dilakukan lantaran capaian vaksin booster pertama baru mencapai 20,31 persen. 

Sehingga capaian yang masih rendah tersebut akan terus digenjot. Sedangkan capaian vaksinasi dosis pertama sudah 85,4 persen dan vaksinasi dosis kedua sebanyak 72,6 persen. 

"Jadi masyarakat harus memenuhi capaian vaksinasi booster tahap pertama dulu dan saat ini terus dikejar karena booster pertama masih tergolong rendah. Meski begitu, untuk di tingkat provinsi kita tergolong bagus. Jadi yang diprioritaskan booster dua itu nakes dulu," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: radartegal.com