Air Laut Tinggi Sampai Rob, Pengunjung di Kota Tegal Dilarang Berenang dan Naik Dermaga Apung

Air Laut Tinggi Sampai Rob, Pengunjung di Kota Tegal Dilarang Berenang dan Naik Dermaga Apung

Naiknya air laut menyebabkan gelombang tinggi dan banjir rob di sejumlah wilayah termasuk di kawasan obyek wisata Pantai Alam Indah. Karenanya, para pengunjung dilarang untuk berenang dan mendekati bibir pantai serta berada di atas dermaga apung.

Kabid Pariwisata Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Tegal Maman Suherman mengatakan, kondisi air laut di kawasan obyek wisata PAI cukup tinggi.

Bahkan, sampai menyentuh area jogging track dan menyebabkan rob di sekitar bibir pantai.

"Air laut telah mencapai titik tertinggi hingga menyentuh area jogging track," katanya.

Menurut Maman, meski tertahan jogging track, namun tetap meluap hingga ke darat melalui sungai-sungai kecil yang ada di sekitar PAI, sehingga menyebabkan genangan air. Melihat kondisi itu, para pengunjung PAI memilih untuk pulang.

"Meski tidak sampai banjir, tetapi memang air laut meluap dari sungai ke daratan. Kurang lebih ketinggiannya sampai 15-20 sentimeter," tandasnya.

Terkait dengan tingginya air laut, tegas Maman, pihaknya tidak memperbolehkan pengunjung untuk berenang dan mendekati bibir pantai. Selain itu, mereka juga tidak diperkenankan menaiki wahana dermaga apung.

Maman menambahkan, untuk jumlah pengunjung PAI pada hari biasa terpantau sekitar 500 orang. Jumlah itu diperkirakan akan tetap bertahan melihat kondisi air laut pasang. (muj/ima)

Sumber: