Pengangguran di Kabupaten Tegal Tertinggi di Jateng, Investor Diberi Stimulus dan Pemuda Dilatih Berwiraswasta

Pengangguran di Kabupaten Tegal Tertinggi di Jateng, Investor Diberi Stimulus dan Pemuda Dilatih Berwiraswasta

Angka pengangguran di Kabupaten Tegal menduduki peringkat tertinggi di Jawa Tengah. Itulah sebabnya saat momentum hari jadi Kabupaten Tegal ke-421 ini menjadi penting bagi masyarakat. 

Bupati Tegal, Umi Azizah, Rabu (18/5) mengaku, dengan Harapan Baru Semangat Baru, terutama soal pengangguran di Kabupaten Tegal yang menduduki peringkat tertinggi di Jateng. 

Momentum hari jadi  ke-421 Kabupaten Tegal dirayakan secara sederhana, karena mengingat masih dalam pandemi Covid-19. Arak-arakan Tombak Kyai Plered, Pataka Pakta Integritas dan Bendera Merah Putih dilakukan dengan menggunakan mobil pikup.

Selain itu, para pejabat dan forkopimda Kabupaten Tegal diarak dengan menggunakan mobil dinas. Prosesi penyerahan Tombak Kiai Plered dan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Tegal juga berlangsung secara singkat. 

"Tema hari jadi yakni Harapan Baru, Semangat Baru. Artinya, kondisi pandemi Covid-19 mulai membaik, sehingga roda perekonomian mulai bergerak," katanya. 

Termasuk semangat mengentaskan pengangguran, tambah Umi Azizah, dan kemiskinan. Berbagai upaya dilakukan Pemkab Tegal, salah satunya dengan menarik investor untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Tegal. 

Investor diberikan kemudahan untuk berinvestasi, dan itu sudah terbukti dengan banyak investor Korea masuk ke Kabupaten Tegal. Selain itu, para pemuda juga dilatih untuk berwirausaha. 

Terkait dengan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang belum kunjung mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat. Bupati telah berupaya melakukan koordinasi dengan kementerian PUPR.

Menindaklanjuti pertemuan dengan Dirjen Kementerian PUPR, Pemkab Tegal sudah punya gambaran terkait dengan lahan pertanian berkelanjutan. "Mana lahan hijau dan mana lahan yang bisa dikuningkan,” tambahnya. 

Sementara itu, ketua DPRD Kabupaten Tegal, M Faiq menuturkan, pengangguran jadi PR besar di hari jadi  ke-421 Kabupaten Tegal. Pihaknya siap menfasilitasi kegiatan untuk mengurangi angka pengangguran. 

Dewan akan berdiskusi dengan eksekutif untuk kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk mengurangi pengangguran. (guh/zul)

Sumber: