Langganan Banjir Limpasan, Dukuh Bayur Desa Bojong Kembali Terendam Banjir

Langganan Banjir Limpasan, Dukuh Bayur Desa Bojong Kembali Terendam Banjir

Banjir limpasan kembali terjadi di wilayah pemukiman dan pesawahan di Dukuh Bayur Desa Bojong Kecamatan Jatibarang, Kamis (21/4). 

Banjir disebabkan meluapnya Sungai Pemali yang ada di wilayah tersebut.

Informasi di lapangan, debit air Sungai Pemali mengalami peningkatan lantaran di wilayah Brebes selatan diguyur hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi. Sehingga, mengakibatkan air limpas kepemukiman. 

Camat Jatibarang Imam Tauhid membenarkan terkait banjir yang menerjang Desa Bojong tersebut. Menurutnya, banjir tersebut sering terjadi jika debit air Sungai Pemali mengalami peningkatan. 

"Tapi tadi sudah surut. Memang banjir ini sering terjadi jika air Sungai Pemali mengalami peningkatan," ujarnya. 

Sementara itu, Danramil 02 Jatibarang Kodim 0713 Brebes Kapten Arhanud Suryadi menjelaskan, air mulai masuk ke wilayah Dukuh Bayur sekitar pukul 04.00 WIB. 

Wilayah yang terdampak cukup parah terjadi di Dukuh Bayur yaitu di RT 11, RT 13, RT 14, dan RT 15, dengan genangan air setinggi kurang lebih 45 cm. 

“Untuk kerugian materiil akibat banjir kali ini ditaksir mencapai Rp65 juta, akumulasi dari tanaman bawang, padi, dan palawija milik warga setempat di lahan seluas kurang lebih 16 hektare,” jelasnya. 

Kondisi terbaru yakni air mulai bergerak surut, untuk ketinggian air di pemukiman mencapai 20 cm. Namun jika wilayah Brebes selatan hujan deras lagi maka banjir langganan bisa terjadi lagi. 

Informasi yang diterima, warga berharap pihak terkait segera merespon banjir langganan itu. Karena memang di wilayah Dukuh Bayur tidak ada tanggul Sungai Pemali. (ded/ima)

Sumber: