1.364 Butir Petasan Berbagai Ukuran dari Empat Penjual di Kota Tegal Disita Polisi

1.364 Butir Petasan Berbagai Ukuran dari Empat Penjual di Kota Tegal Disita Polisi

Selain menyita puluhan minuman keras, jajaran Polsek Tegal Barat Polres Tegal Kota juga mengamankan ribuan butir petasan berbagai jenis, Rabu (6/4) pagi. Petasan-petasan itu disita dari sejumlah penjual di dua lokasi berbeda. 

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat melalui Tegal Barat Kompol Aries Heriyanto mengatakan akan terus berupaya dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif selama Ramadan. Karenanya, pihaknya menggelar razia petasan disejumlah lokasi. 

"Operasi ini merupakan upaya menjaga suasana selama Ramadan hingga lebaran Idul Fitri nanti agar tetap aman dan kondusif," katanya. 

Menurutnya, dalam kegiatan operasi cipta kondisi itu, pihaknya berhasil menyita sebanyak 1.364 petasan berbagai jenis dengan merek Leo. Petasan itu, diamankan dari 4 penjual yang berada di dua lokasi berbeda di Kecamatan Tegal Barat. 

"Razia dengan sasaran peredaran petasan dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan di beberapa lokasi yang diduga memproduksi dan menjual petasan," ujarnya. 

Selanjutnya, kata Kapolsek, mereka yang kedapatan memproduksi dan menjual petasan akan diamankan untuk diminta keterangan. Selanjutnya, barang bukti petasan langsung disita dan dibawa ke Mapolsek untuk dilakukan pemusnahan. 

"Kami berharap razia petasan ini bisa berdampak positif bagi situasi keamanan. Paling tidak, potensi gangguan kamtibmas dan ketertiban umum akibat bisingnya bunyi petasan selama bulan suci ramadhan dapat dicegah," tegasnya. (muj/zul)

Sumber: