Dies Natalis ke-42, UPS Siap Hadapi Tantngan yang Kian Kompleks

Dies Natalis ke-42, UPS Siap Hadapi Tantngan yang Kian Kompleks

Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menggelar puncak Dies Natalis ke-42 di Auditorium Darjoen Senoatmodjo yang secara daring disiarkan melalui akun YouTubenya, Selasa (1/3) lalu.

Puncak peringatan Dies Natalis ke-42 diawali dengan sidang senat terbuka yang dihadiri seluruh dosen dan karyawan. Sidang dipimpin Ketua Senat Dr Fajar Ari Sudewo SH MH yang dilanjutkan dengan penyampaian Laporan Tahunan Rektor 2021-2022.

Rektor UPS Dr Taufiqulloh MHum menyampaikan UPS sebagai perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah, seringkali menghadapi berbagai macam tantangan. Baik internal maupun eksternal yang semakin kompleks. 

Menurut Taufiqulloh, hal tersebut harus dihadapi dengan kemampuan intelektual dan profesional seluruh sivitas akademika. Selain itu, juga harus disikapi oleh kekuatan spiritual dan emosional yang diikuti kematangan sosial dalam memimpin.

Karenanya, dengan memperhatikan pada kondisi yang terjadi baik internal maupun eksternal tersebut, UPS selalu berusaha menjawab tantangan yang ada.

“Berdasarkan dari titik tolak tersebut, saya selaku pimpinan universitas telah membuat rencana kebijakan yang dilandasi oleh aturan-aturan formal sebagai acuan laju geraknya lembaga. Rencana kebijakan tersebut berbasis luaran (product-oriented) yang kreatif dan inovatif,” tegas Rektor.

Sementara Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Dr Imawan Sugiharto SH MH menyampaikan, YPP akan terus berupaya meningkatkan pelayanan. Setelah dilakukan renovasi ruang perkuliahan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kampus 2 UPS di Jalan Perintis Kemerdekaan juga sedang dikebut pembangunannya. 

“Kami berharap, setelah selesai bisa ditempati, penggunaannya diserahkan ke rektor. Dengan harapan, setelah terbangun, ada peningkatan jumlah mahasiswa baru,” ujar Imawan.

Puncak Peringatan Dies Natalis ke-42 dilanjutkan dengan pengumuman pemenang Pancasakti Awards untuk kategori dosen dan karyawan berprestasi. Prof Dr Sitti Hartinah DS MM terpilih sebagai dosen terproduktif versi Sinta DIKTI, Arif Zainudin MPd sebagai dosen terbaik kategori pengabdian terbanyak versi SIMLITABMAS.

Dr Purwo Susongko MPd sebagai dosen terbaik kategori penelitian terbanyak versi SIMLITABMAS, dan Niken Tri Sabtu Rifa SIP sebagai karyawan terbaik. 

Dalam kesempatan itu juga diberikan penghargaan dan hadiah bagi para pemenang lomba-lomba yang diadakan sebelum acara puncak yang dimulai sejak Januari 2022 lalu.

Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng secara simbolis sebagai wujud syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT kepada UPS, yang dilakukan Ketua Pembina YPP dan diberikan kepada Rektor UPS. (nam/zul)

Sumber: