Kembali Meluap, 20 Hektare Lahan Persawahan di Jatibarang Terendam

Kembali Meluap, 20 Hektare Lahan Persawahan di Jatibarang Terendam

Sungai Pemali di Kabupaten Brebes tepatnya di Dukuh Bayur Desa Bojong Kecamatan Jatibarang, Sabtu (12/2) kembali meluap. 

Akibat luapan tersebut, beberapa pekarangan rumah dan puluhan hektare lahan persawahan terendam. 

Danramil 02 Jatibarang Kapten Arhanud Suryadi mengatakan, Sungai Pemali di wilayah Dukuh Bayur meluap akibat tanggul tidak mampu menampung debit air yang mengalami kenaikan. Setelah sehari sebelumnya terjadi hujan deras di wilayah Brebes selatan. 

“Selain areal persawahan warga yang ditanami bawang, padi, dan palawija seluas kurang lebih 20 hektare, air juga mulai menggenangi pekarangan rumah warga mulai pukul 06.00 WIB dengan ketinggian bervariasi, antara 55 sampai 90 centimeter,” ungkapnya. 

Dijelaskannya, wilayah terparah terjadi di RT 13 dan RT 15. Di mana, di wilayah tersebut ketinggian air 90 centimeter. 

"Babinsa Bojong, Serda Bambang, berkeliling kampung untuk memantau perkembangan dan mendata kerugian materiil,” imbuhnya. 

Terpisah, Camat Jatibarang Imam Tauhid mengatakan, air yang ada menggenangi jalan dan pemukiman sudah surut sejak siang tadi. Banjir ini merupakan yang kedua kalinya dalam satu minggu terakhir. 

"Banjir ini akibat sedimentasi Sungai Pemali. Dan ini yang kedua kalinya dalam sepekan terakhir," ungkapnya. 

"Dan untuk masalah sedimentasi, kita sudah mengusulkan pengerukan di wilayah tersebut sejak 2021 lalu. Dan hingga saat ini belum ada realisasinya," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: