Mie Gacoan Ditutup sampai Minggu, Tracing Petugas Dapati Lagi Seorang yang Positif Covid-19

Mie Gacoan Ditutup sampai Minggu, Tracing Petugas Dapati Lagi Seorang yang Positif Covid-19

Sembilan karyawan dan seorang pengunjung Mie Gacoan di Jalan Kapten Sudibyo Kota Tegal langsung menjalani isolasi mandiri (isoman). Sebelumnya mereka diketahui positif terkonfirmasi Covid-19, setelah mengikuti tes swab antigen secara acak oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal. 

Kepala Dinkes Kota Tegal, dr. Sri Primawati Indraswari mengatakan Dinkes langsung melakukan tindakan lanjutan, usai ditemukannya 14 orang yang positif di Mie Gacoan.

Mereka langsung menjalani isoman sesuai dengan daerah asalnya. "Tindak lanjutnya mereka yang positif langsung di isolasi mandiri sesuai daerah asalnya," katanya. 

Selain itu, kata Prima, Tim Satgas Covid-19 Kota Tegal juga melakukan penyemprotan desinfektan di Mie Gacoan. Tujuannya supaya tempat itu bisa kembali steril. 

Prima mengungkapkan kegiatan tracing pun dilakukan setelah penemuan kasusnya. Hasilnya, seorang ketahuan positif Covid-19 lagi.

Dinkes pun akan melakukan tracing terhadap kontak erat ke-15 orang yang positif Covid-19 itu. 

Sebelumnya diketahui sembilan karyawan dan lima pengunjung Mie Gacoan di Jalan Kapten Sudibyo Tegal ketahuan positif Covid-19. Warung mie instan di pusat Kota Tegal itu pun akhirnya ditutup sementara

Penutupan sementara itu dilakukan petugas gabungan dari Satpol PP, Polres Tegal Kota, dan instansi, Kamis (10/2) siang. Kepastian adanya karyawan dan pengunjung yang positif Covid-19 itu, setelah dilakukan swab secara acak di lokasi.

Kepala Satpol PP Kota Tegal, Hartoto mengatakan awalnya petugas dinas terkait melakukan pemeriksaan tes swab secara acak di tempat. Ternyata hasilnya, dari 20 karyawan yang diswab, sembilan diketahui terpapar virus Corona.

"Sedangkan dari 73 orang pengunjung yang ikut diswab, yang hasilnya positif lima orang," katanya.

Karenanya, kata Hartoto, Satpol PP pun kemudian berkoordinasi dengan jajaran terkait. Mie Gacoan pun ditutup sementara selama tiga hari mulai, Jumat (11/2) kemarin. (muj/zul)

Sumber: