Di Kota Tegal, Capaian Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Tercapai 13,09 Persen

Di Kota Tegal, Capaian Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Tercapai 13,09 Persen

Meski baru tercapai sekitar 13 persen, kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun cukup lancar. Pasalnya, hingga saat ini belum ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang dialami siswa yang sudah disuntik vaksin. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari mengatakan, pihaknya menargetkan vaksinasi anak itu tercapai 100 persen dan tidak ada KIPI. Sampai saat ini, capaian vaksin anak 6-11 tahun sudah 13,09 persen dari sasaran 25.415 anak. 

"Targetnya tentu saja 100 persen kalau hariannya di awal-awal 800 tapi target harian 1.500. Sejauh ini juga tidak ada laporan KIPI,” kata Prima. 

Menurut Prima, vaksinasi untuk anak sejauh ini berjalan cukup lancar. Namun, adanya Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) membuat belum semuanya bisa divaksin. Karena perlu interval yang pas untuk dilakukan imunisasi. 

“Kemarin kita juga sudah melakukan BIAS, Bulan Imunisasi Anak Sekolah, jadi tentunya yang sudah diimunisasi dengan vaksin DT, MR, TT itu tidak boleh kita lakukan vaksinasi segera," kata Prima. 

Prima menyebut, untuk intervalnya 28 hari baru bisa lakukan vaksinasi Covid-19. Nantinya akan ada sweeping, termasuk yang punya penyakit-penyakit lain seperti hemofili itu harus di rumah sakit. 

Prima optimistis, libur sekolah tidak menghambat program percepatan vaksinasi. Karena nanti lewat sekolah pihaknya akan kerja sama dengan disdik. 

"Kemudian, yang belum sekolah kita ada datanya dari disducapil. Kita mungkin lakukan sweeping dari rumah ke rumah,” pungkasnya. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal M. Ismail Fahmi menyampaikan, vaksinasi di antaranya mencegah sakit berat dan mendukung pembelajaran tatap muka. Vaksinasi itu juga mencegah penularan pada anggota keluarga, saudaranya yang belum sempat divaksin atau yang mempunyai risiko terinfeksi. 

"Kemudian, mendukung pembelajaran tatap muka dan meminimalisasi penularan di sekolah atau satuan pendidikan dan mempercepat tercapainya herd immunity,” ucap Fahmi. 

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono menambahkan, vaksinasi Covid-19 untuk anak ditargetkan akan selesai pada awal 2022. Harapannya, sudah 100 persen tervaksin semuanya. 

“Target vaksinasi kita harapkan nanti di tanggal 25 Januari 2022 di Kota Tegal sudah selesai semua. Harapan kita sudah 100 persen karena lansia dan pralansia sudah zero, sudah tidak ada satupun yang divaksin,” tandasnya. (muj/ima)

Sumber: