Kejar Target Capaian dan Permudah Warga, OPD di Pemkab Brebes Gencarkan Vaksinasi Door to Door

Kejar Target Capaian dan Permudah Warga, OPD di Pemkab Brebes Gencarkan Vaksinasi Door to Door

Untuk mempermudah akses warga mendapatkan vaksin Covid-19, sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Brebes melakukan vaksinasi door to door, Rabu (15/12).

Apalagi sesuai instruksi bupati, OPD di Pemkab Brebes diminta untuk membantu percepatan targetv vaksinasi di Kabupaten Brebes. Salah satu OPD yang melakukan vaksinasi door to door, yakni Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPSDAPR) Kabupaten Brebes.

Dalam pelaksanaannya, dinas melakukannya di wilayah Kecamatan Bulakamba. 

"Kebetulan DPSDAPR mendapatkan jatah vaksinasi door to door di wilayah Kecamatan Bulakamba. Diantaranya bagi warga Desa Luwungragi, Banjaratma dan beberapa desa lainnya," ungkap Kepala DPSDAPR Agus Azhari melalui Kabid Irigasi dan Air Baku, Anna Dwi Rahayuning Rizky. 

Anna menyebutkan untuk target sasaran sendiri ini bagi masyarakat yang belum melakukan vaksinasi dosis pertama maupun yang kedua. Di mana, dalam pelaksanaan tersbut pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Brebes.

Harapannya, dengan kegiatan door to door ini, warga yang tadinya belum tervaksin bisa mendapatkan vaksin Covid-19 tanpa harus mengantri. 

"Vaksinasi door to door ini juga merupakan instruksi bupati dalam meningkstkan capaian vaksinasi di Kabupaten Brebes. Dan tadi, selama vakainasi petugas kesehatan dari Puskesmas Luwungragi dan kita sifatnya hanya pendampingan," ucapnya. 

Hal senada juga dilakukan OPD lain yakni Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Brebes. Di mana, dalam vaksinasi door to door itu dilaksanakan dibeberapa desa di wilayah Kecamatan Losari. 

"Untuk hari ini jadwal pendampingan vaksinasi door to door kita lakukan di wilayah Desa Karangdempel, Prapag Kidul, Pekauman dan Desa Pengabean," ungkap Kepala BPKAD Brebes Edy Kusmartono. 

Ditambahkannya, vaksinasi door to door ini tidak lain sebagai upaya percepatan gerakan vaksin untuk masyarakat dan siswa yang dilakukan pemerintah daerah. Sehingga, Brebes yang saat ini masuk PPKM Level 2 bisa turun ke Level 1. (ded/zul)

Sumber: