Gandeng Dinkes, Vaksinasi BIN Sasar Wilayah Terjauh dan Tersulit di Kabupaten Tegal

Gandeng Dinkes, Vaksinasi BIN Sasar Wilayah Terjauh dan Tersulit di Kabupaten Tegal

Badan Intelejen Negara (BIN) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan menggelar serbuan vaksin ke Kecamatan Jatinegara. Dua posko disiapkan guna memenuhi target pelaksanaan tersebut.

Camat Jatinegara Edi Marsisno, Senin (13/12), mengatakan dalam 
percepatan pencapaian sasaran target vaksinasi di wilayah Kecamatan Jatinegara, BIN bekerjasama dengan dinkes menggelar serbuan vaksin yang dilaksanakan di dua pos. 

Posko pertama dilaksanakan di Desa Tamansari dengan sasaran dua desa yaitu Desa Lembasari, Luwijawa. Sedang posko dua ada di Desa Wotgalih bertempat di SMP N 3 Jatinegara yang bertujuan mendekatkan masyarakat dari rumah ke rumah.

Warga sangat antusias dan semangat sehingga berduyun-duyun mengikuti vaksin. "Target warga yang harus divaksin 46 ribu saat ini baru 21 ribu atau 42 persen. Dengan harapan, sebelum Natal dan Tahun Baru bisa mencapai 70 persen," katanya. 

Serbuan vaksin ini, tambah Edi, bisa mendongkrak capaian vaksin di wilayah Kecamatan Jatinegara. Jenis vaksin yang diberikan berupa Sinovac, Aztrazenica. 

Adapun warga yang divaksin berusia 12 tahun ke atas serta lansia dengan target serbuan vaksin 1.000 dosis. Untuk tenaga vaksinator diambil dari tim UPTD Puskesmas Jatinegara sejumlah 51, di antaranya dokter, bidan, perawat dan tenaga lainnya. 

Kegiatan vaksinasi berjalan lancar dengan mendapatkan hasil di posko Desa Tamansari 1.645 dosis. 

"Di posko SMP N 3 Jatinegara tepatnya di Dukuh Wanarata Desa Wotgalih mendapat 466 jadi jumlah total 2.111 dosis dari total empat desa yang meliputi Desa Tamansari, Lembasari, Luwijawa dan Wotgalih," tambahnya.

Sementara itu, Kades Tamansari Tarno mengucapkan banyak terima kasih kepada Presiden RI dan kepala BIN atas diselenggarakannya serbuan vaksin di Desa Tamansari. Karena telah dijadikan pos utama serta armada yang disediakan untuk menjemput warga yang divaksin. 

Kades mengimbau warganya meski sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, tetap harus menjaga dan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Antara lain dengan memakai masker saat keluar rumah, tidak berkerumun, serta memastikan tangannya bersih dengan mencucinya memakai sabun usai baraktivitas.

Dirinya tidak lupa mengucapkan terima kasih pada kades Lembasari, Luwijawa dan Wotgalih, Polsek dan Koramil Jatinegara yang sudah bersinergi dalam jalannya serbuan vaksin. (guh/zul)

Sumber: