Kajongan, Destinasi Wisata Baru di Kota Tegal yang Tawarkan Keunikan Pantai dan Edukatif

Kajongan, Destinasi Wisata Baru di Kota Tegal yang Tawarkan Keunikan Pantai dan Edukatif

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD Kota Tegal meminta pengembangan destinasi wisata Kajongan yang sudah dilakukan kajian agar segera ditindaklanjuti Pemkot Tegal. Yakni, dengan menyiapkan sumber daya pengelola oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang kompeten.

Selain kompeten, pokdarwis yang dapat membangun kultur masyarakat baru sebagai daerah wisata yang tentunya memiliki karakter tersendiri.

“Aspirasi warga menjaga kultur religius yang sudah tertanam dengan baik harus mendapatkan dukungan pemerintah daerah,” kata Ketua Fraksi PKS Amiruddin di Gedung Parlemen, kemarin.

Fraksi PKS memandang destinasi wisata Kajongan dapat menjadi sebuah model yang menghadirkan edukasi kehidupan masyarakat pantai dengan kontur pertambakan dan kehidupan nelayan dari berbagai sisi.

Sehubungan dengan hal tersebut, upaya mencari dukungan anggaran dari Kementerian terkait agar segera dipersiapkan.

“Sehingga dapat mengakselerasi realisasi terwujudnya destinasi wisata di daerah tersebut yang sudah masuk dalam rencana induk pariwisata Kota Tegal,” ujar Amiruddin.

Kajongan terletak di Kelurahan Muarareja Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Kajongan dikenal karena wisata edukasinya seperti pengenalan mangrove dan budidaya ikan.

Kajongan yang dilintasi sungai besar juga menjaditujuan para pemancing. Keunikan lain yang menjadi daya tarik adalah pemanfaatan perahu untuk sarana penyeberangan.

Perahu tersebut digunakan masyarakat untuk menyeberang dari Kajongan ke daerah di seberangnya, yakni Desa Randusanga di Kabupaten Brebes atau sebaliknya.

Masyarakat memilih memanfaatkan perahu yang dikelola warga tersebut mengingat di situ belum ada jembatan, dan terlalu jauh jika harus memutar melalui Jalur Pantura. (nam/zul)

Sumber: